Ini Kata BKN Soal Banyaknya Latihan Soal Seleksi CPNS dan PPPK 2021 di Media Sosial
Nasional

Di media sosial sendiri ramai beredar informasi mengenai latihan soal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

WowKeren - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 telah dibuka sejak 30 Juni 2021 lalu hingga 22 Juli 2021 mendatang. Para pelamar yang telah berhasil mendaftarkan diri pun diminta untuk mulai mempersiapkan diri dengan baik.

Di media sosial sendiri ramai beredar informasi mengenai latihan soal seleksi CPNS dan PPPK 2021. Meski demikian, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana meminta para pelamar untuk tidak terkecoh.

"Memang begitu, setiap kali rekrutmen CPNS dan PPPK pasti muncul link-link maupun buku yang berisi latihan soal," ungkap Bima kepada JPNN.com, Senin (5/7).

Menurut Bima, ada sejumlah oknum yang memanfaatkan besarnya antusiasme pelamar CPNS dan PPPK demi memperoleh keuntungan. Oleh sebab itu, banyak beredar buku panduan kiat lulus tes CPNS dan PPPK dengan mencantumkan logo lama CAT BKN.


"Para pelamar harus cermat, jangan terkecoh dengan hal tersebut," tegas Bima. "Karena BKN tidak pernah menerbitkan buku panduan soal atau kisi-kisi soal CPNS dan PPPK."

Selain itu, pihak BKN juga telah gencar mengedukasi para pelamar CPNS dan PPPK untuk berhati-hati dalam menerima informasi yang bukan bersumber resmi dari BKN. Di Facebook misalnya, akun resmi BKN menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah bekerjasama ataupun secara mandiri menerbitkan buku kisi-kisi materi seleksi CPNS dan PPPK.

"Untuk latihan soal-soal seleksi ASN baik CPNS maupun PPPK 2021 menggunakan CAT, para pelamar bisa ikuti simulasinya via kanal berikut https://cat.bkn.go.id/simulasi," demikian pengumuman di lama Facebook BKN.

Di sisi lain, BKN juga telah membocorkan jumlah pelamar yang sudah mendaftar berikut instansi-instansi dengan pelamar terbanyak serta tersedikit. Per Minggu (4/7), sudah ada 1.740.267 pembuat akun untuk melamar seleksi CPNS dan PPPK 2021. Daftar 10 instansi dengan pelamar terbanyak dan tersedikit per Minggu kemarin dapat dilihat di sini.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait