Dinilai Tak Realistis, Dokter 'Hospital Playlist' Ternyata Terinspirasi Sosok Nyata
tvN
TV

Karena karakter utama dalam drama tvN 'Hospital Playlist' sangat baik hati, beberapa pemirsa mengatakan serial ini adalah 'dongeng untuk orang dewasa' yang tidak realistis.

WowKeren - "Hospital Playlist" memang sudah menjadi drama kesayangan penonton sejak season 1. Drama ini berpusat pada persahabatan lima dokter di usia 40 tahunan yang sudah berteman sejak mereka kuliah kedokteran.

"Hospital Playlist" berbeda dari drama medis pada umumnya. Pasalnya drama ini menceritakan kisah dokter biasa, salah satu alasan mengapa serial ini terbukti sangat populer di kalangan pemirsa.

Karena karakter utama sangat baik hati, beberapa pemirsa mengatakan serial ini adalah "dongeng untuk orang dewasa" yang tidak realistis. Namun karakter utama Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho), Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) dan Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok) sebenarnya terinspirasi dari sosok nyata.

Mereka adalah ahli bedah kardiotoraks Yang Ji Hyuk, ahli bedah kebidanan Oh Soo Young dan ahli bedah anak Lee Sang Hoon dari Samsung Medical Center di Distrik Gangnam, Seoul Selatan. Ketiganya juga profesor kedokteran.


Media The JoongAng Ilbo belum lama ini mewawancarai ketiga dokter tersebut. Mereka kompak mengatakan merasa bahwa "Hospital Playlist" tampaknya berusaha untuk secara akurat menunjukkan apa yang terjadi di rumah sakit.

"Kadang-kadang (di media) dokter digambarkan sebagai semacam figur otoritas absolut, tetapi kebanyakan dari kita adalah orang biasa yang hanya mencoba melewati hari, berpikir, 'Jika pasien baik-baik saja, aku baik-baik saja'," ujar dokter Yang Ji Hyuk.

"Aku senang melihat kehidupan sehari-hari dan masalah yang dialami dokter serta rasa sakit dan kegembiraan yang dirasakan pasien dan orang yang mereka cintai. Kupikir semua faktor itu sepenuhnya tercermin dalam drama itu," tutur dokter Lee Sang Hoon.

Dokter Lee Sang Hoon mengatakan 10 dari 40 teman sekelas dari sekolah kedokterannya saat ini bekerja di rumah sakit yang sama dengannya. "Kami berbicara tentang betapa miripnya kami (dengan karakter dalam drama)," sambung dokter Lee Sang Hoon.

Para aktor "Hospital Playlist" disebut mengamati dengan cermat bagaimana para dokter menerima pasien atau melakukan operasi, yang berkontribusi pada keakuratan drama. Karena drama itu menampilkan banyak adegan yang menggambarkan operasi, dokter Yang Ji Hyuk sebenarnya memberikan beberapa alat medis latihannya kepada para aktor melalui manajer mereka untuk membantu akting Jo Jung Suk cs.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait