Berikut 3 Jenis Paket Obat Gratis yang Dibagikan Jokowi Untuk Pasien COVID-19 Isoman
Instagram/jokowi
Nasional

Pemerintah menyediakan 300 ribu paket obat untuk pasien COVID-19 di wilayah Jawa dan Bali. Ke depannya, pemerintah juga akan menyediakan 300 ribu paket untuk pasien di luar Jawa-Bali.

WowKeren - Presiden Joko Widodo siap membagikan 300 ribu paket obat gratis untuk pasien positif virus corona (COVID-19) yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di wilayah Jawa dan Bali. Untuk selanjutnya, pemerintah juga akan menyediakan 300 ribu paket obat untuk pasien isoman di luar Jawa-Bali.

"Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang kami bagikan, masing-masing untuk tujuh hari," papar Jokowi dalam peluncuran paket obat isoman di Istana Merdeka pada Kamis (15/7) hari ini. "Paket 1 berisi vitamin untuk warga dengan PCR positif tanpa gejala atau OTG."

Kemudian paket 2 berisi vitamin dan obat untuk warga PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman. Adapun pemberian paket 2 ini akan membutuhkan konsultasi dan resep dokter.

Sedangkan paket 3 berisi vitamin dan obat untuk warga PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering. "Paket ini juga membutuhkan konsultasi dan resep dari dokter," kata Jokowi.


Lebih lanjut, Jokowi menegaskan bahwa ketiga paket obat dan vitamin untuk pasien isoman ini gratis dan tidak diperjualbelikan. Adapun Menteri BUMN Erick Thohir menyiapkan pasokan paket obat isoman tersebut, sedangkan pendistribusiannya dikoordinasi oleh Panglima TNI dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), pemerintah desa, Babinsa hingga pengurus RT-RW. .

"Saya minta agar dilakukan pengawasan yang ketat di lapangan agar program ini betul- betul bisa mengurangi risiko karena COVID dan membantu pengobatan warga yang menderita COVID-19," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Tak hanya itu, Jokowi juga berpesan agar program ini jangan sampai mengganggu ketersediaan obat esensial terapi COVID-19, baik di apotek maupun rumah sakit.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan bahwa pemerintah ingin rakyat segera sembuh dari COVID-19. Erick juga menyatakan dirinya tidak ingin masyarakat kebingungan dengan adanya isu kekurangan obat.

"Makanya kita penetrasi dengan obat gratis ini secara baik," kata Erick. Karena itu, kami berharap semua, apalagi sekarang TNI sudah turun, kita mengharapkan rakyat sabar. Kita akan hadir di rumah masing-masing."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru