Pemerintah Targetkan Ratusan Ribu Masyarakat Lakukan Tes COVID-19 Selama PPKM Darurat
Twitter/KemensosRI
Nasional
PPKM Darurat

Pemerintah saat ini tengah melakukan tes COVID-19 kepada masyarakat Indonesia selama penerapan PPKM Darurat. Hal ini dilakukan agar pemerintah bisa menemukan asal muasal penyebaran COVID-19, sehingga bisa mengendalikannya.

WowKeren - Pemerintah saat ini tengah berupaya keras dalam melawan pandemi COVID-19 yang telah lebih dari satu tahun menyerang Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengendalikan pandemi COVID-19 alah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dalam penerapan PPKM Darurat itu pemerintah juga melakukan testing COVID-19. Akan tetapi, selama 11 hari penerapan PPKM Darurat, pemerintah baru mencapai 33,61 persen testing. Angka ini tentunya masih jauh dari target pemerintah.

Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut bahwa jumlah tes di sebagian besar Kabupaten/Kota tidak sampai 50 persen dari target. Meski demikian, ada 11 daerah yang mampu memenuhi target.

"Capaian rata-rata testing 124 Kabupaten/Kota PPKM Darurat pada tanggal 3-13 Juli adalah sebesar 33,61 persen, di mana hanya ada 11 Kabupaten/Kota di atas 90 persen," tutur Nadia dalam keterangan pers, Rabu (14/7).


Nadia menjelaskan daerah-daerah yang telah berhasil mencapai target tes COVID-19 adalah Jakarta Pusat, Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Yogyakarta, Gunung Kidul, Buleleng, Cirebon, Magelang, Surakarta, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Kemudian, ia juga menyampaikan ada 15 daerah yang telah melakukan tes di atas 50 persen.

Adapun 15 daerah itu meliputi Tangerang Selatan, Blitar, Jakarta Utara, Surabaya, Tangerang, Semarang, Bandung. Kemudian Mojokerto, Salatiga, Probolinggo, Kulon Progo, Madiun, Sleman, Bogor, dan Pekalongan.

Lebih lanjut, Nadia meminta agar pemerintah daerah terus menggelar tes COVID-19 sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021. Menurut Nadia, tes COVID-19 ini perlu untuk terus dilakukan dan ditingkatkan dengan memprioritaskan penemuan kasus suspek dan kontak erat dari kasus-kasus yang terkonfirmasi.

Nadia mengungkapkan bahwa target pemerintah secara nasional dalam melakukan tes COVID-19 adalah sebesar 324 ribu orang setiap harinya. Sebelumnya, pemerintah telah mengubah strategi baru dalam penerapan PPKM Darurat yakni dengan melakukan peningkatan upaya tes dan penelusuran COVID-19.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts