Kantor BPOM Jakpus Terbakar Diduga Karena Korsleting, Begini Kronologinya
Piqsels
Nasional

Tim pemadam kebakaran telah berhasil memadamkan api di Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta Pusat pada Senin (19/7) dini hari, sekitar pukul 00.42 WIB.

WowKeren - Salah satu bangunan di Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta Pusat dilaporkan terbakar pada Minggu (18/7) malam. Kebakaran diduga dipicu oleh korsleting listrik.

"Dugaan penyebab korsleting listrik," ungkap Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal, dalam keterangannya.

Tim pemadam kebakaran telah berhasil memadamkan api pada Senin (19/7) dini hari, sekitar pukul 00.42 WIB. Butuh 17 unit mobil pemadam kebakaran dan 75 personel untuk memadamkan kobaran api di Kantor BPOM Jakpus tersebut.

Adapun kebakaran terjadi di lantai dasar gedung BPOM dengan luas area sekitar 200 meter persegi. Menurut Asril Rizal, di Gedung F Timur dan F Barat Kantor BPOM Jakpus sedang ada perbaikan panel.

Petugas damkar sektor Johar Baru, Jakpus, lantas menerima laporan ada kebakaran di Kantor BPOM Jakpus dari warga pada Minggu malam. Damkar Johar Baru pun mengerahkan empat unit mobil damkar dan tiba di lokasi pukul 21.35 WIB.


"Ketika menaikkan MCB, timbul ledakan. Petugas keamanan BPOM ingin melakukan pemadaman karena asap yang ditimbulkan pekat. Petugas kewalahan melakukan pemadaman," papar Asri Rizal.

Per pukul 22.17 WIB, sudah ada 17 unit mobil damkar yang dikerahkan. Api mulai dilokalisir sekitar pukul 22.50 WIB, dan kemudian berlanjut ke proses penguraian asap.

"17 unit. Api sudah dapat dikuasai," kata Asril Rizal.

Adapun kebakaran di Kantor BPOM Jakpus telah dapat dipadamkan setelah satu setengah jam penanganan. Proses pendinginan telah dimulai sejak pukul 23.00 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran ini. Meski demikian, insiden ini ditaksir menimbulkan kerugian hingga Rp 600 juta.

"Kerugian ditaksir Rp 600 juta dengan luas area 8x25 meter atau 200 meter persegi," pungkasnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait