Kasus Meninggal COVID-19 RI Masih 1.000 Lebih, PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 2 Agustus
Twitter/TMCPoldaMetro
Nasional
PPKM Darurat

Presiden Jokowi telah memutuskan memperpanjang PPKM Level 4 wilayah Jawa-Bali sampai tanggal 2 Agustus 2021 mendatang. Kebijakan ini disampaikan langsung oleh Jokowi melalui konferensi pers, Minggu (25/7) malam.

WowKeren - Hari ini, Minggu (25/7) seharusnya adalah hari terakhir Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jawa dan Bali. Namun, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM sampai 2 Agustus 2021 mendatang.

Kebijakan ini dipilih oleh pemerintah guna menekan lonjakan kasus virus Covid-19. Keputusan itu diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (25/7) malam dalam siaran pers.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021," kata Presiden Jokowi.

Selama PPKM Level 4 berlaku, dilakukan pembatasan pada sejumlah sektor, mulai dari perkantoran, pendidikan, pusat perbelanjaan, tempat makan atau restoran, transportasi, wisata, seni budaya, hingga sosial kemasyarakatan. Jokowi pun mengklaim bahwa PPKM Darurat dan PPKM Level 4 sudah berhasil memperbaiki kondisi pandemi di Indonesia.


Kendati demikian, Jokowi tetap meminta masyarakat selalu waspada akan penularan virus Corona, terutama adanya varian Delta yang membahayakan. "Namun demikian, kita harus tetap berhati-hati dalam menyikapi tren perbaikan ini. Tetap harus selalu waspada menghadapi varian Delta yang sangat menular," ujarnya lagi.

PPKM Level 4 merupakan kebijakan pemerintah dalam menanggulangi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Berbagai pembatasan diterapkan di banyak sektor. Tak sedikit pula jalan yang ditutup guna menekan mobilitas masyarakat.

Hingga hari ini, kasus virus Corona di Tanah Air mencapai 38.679 pasien positif. Jumlah pasien yang sembuh pun tidak jauh berbeda dengan yang positif, yakni 37.640 orang. Sementara untuk pasien meninggal masih mencapai angka lebih dari 1.000, yakni 1.266 orang.

Adapun kasus virus Corona di Tanah Air sudah mencapai 3.166.505 sejak pertama kali diumumkan pada awal Maret 2020. Dari angka itu, sebanyak 2.509.318 telah sembuh dan 83.279 meninggal dunia.

Sebelumnya, sejumlah kalangan menolak PPKM Level 4 diperpanjang. Terutama para pedagang dan pelaku usaha yang merasa pembatasan mobilitas masyarakat membuat omzet mereka turun drastis. Unjuk rasa menolak perpanjangan PPKM sempat terjadi di Bandung.

(wk/lara)

You can share this post!

Related Posts