D.O. EXO Raih Prestasi Global dengan 'Empathy', Tuai Komentar Begini Soal Nyanyian Bahasa Spanyol
Twitter/weareoneexo
Musik

'Empathy' menempati puncak tangga lagu iTunes Top Albums di setidaknya 59 negara serta menduduki peringkat No. 1 di tangga album harian domestik seperti Hanteo Chart, Synnara Record, HOTTRACKS.

WowKeren - D.O. EXO yang baru saja debut solo dengan mini album pertamanya yang bertajuk "Empathy" kini menuai banyak pujian. Selain itu, penyanyi sekaligus aktor kelahiran 1993 tersebut juga meraih prestasi lewat debut solonya ini.

Setelah "Empathy" dirilis pada Senin (26/7) pukul 6 sore KST, mini album ini menduduki puncak tangga lagu iTunes Top Albums di setidaknya 59 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, Uni Emirat Arab, Austria, Brasil, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Denmark, Republik Dominika, Ekuador, Mesir, Estonia, Fiji, Finlandia, Prancis, Hong Kong, Indonesia, Israel, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Laos, Luksemburg, Makau, Malaysia, Mauritius, Meksiko, Nepal Selandia Baru, Nigeria, Norwegia, Oman, India, Paraguay, Peru, Filipina , Polandia, Portugal, Qatar, Rumania, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Sri Lanka, Swedia, Taiwan, Thailand, Turki, Vietnam, Zimbabwe, Brunei, Bolivia, Armenia, Kamboja, dan Guatemala.

Album ini juga menduduki peringkat No. 1 di tangga album harian domestik seperti Hanteo Chart, Synnara Record, HOTTRACKS. Di Tiongkok, "Empathy" menduduki puncak Digital Album Sales Charts di QQ Music, Kugou Music, dan Kuwo Music.

"Empathy" berisi delapan lagu termasuk title track berjudul "Rose" yang liriknya ditulis sendiri oleh D.O.. Mini album tersebut tak hanya memuat lagu-lagu dalam bahasa Korea, tapi juga bahasa Inggris dan Spanyol.

"Si Fueras Mía" adalah versi bahasa Spanyol dari salah satu track B-side di mini album "Empathy" yang berjudul "It's Love". D.O. memutuskan untuk memasukkan versi ini setelah mendengar guide lagu yang dalam bahasa Inggris dan Spanyol.


Ini bukan pertama kalinya D.O. telah mengejutkan penggemar dengan bahasa Spanyolnya. Sebelumnya, pemilik nama asli Do Kyungsoo itu bersama member EXO yang lain pernah membawakan lagu "Sabor A Mi" pada tahun 2014 di "Music Bank" di Meksiko.

Sejak mini album "Empathy" dirilis, para penggemar tidak hanya memuji vokal D.O. yang memukau, tetapi juga pengucapan bahasa Spanyolnya yang tepat. Di Reddit, satu postingan didedikasikan untuk bahasa Spanyol D.O. yang terdengar sangat lancar. Banyak yang menghargai kerja keras yang harus dilakukan untuk menyanyikan lagu yang sepenuhnya berbahasa Spanyol.

"Sebagai penutur asli dan dari Puerto Rico, D.O., aku dan aku yakin penggemar Latin, Latina, dan Latino (serta setiap individu berbahasa Spanyol termasuk Haiti) sangat menghargai kerja kerasnya karena aku tahu sambil mendengarkan pengucapan setiap kata yang dia nyanyikan dengan rasa hormat dan kekaguman," ujar netizen.

Beberapa bahkan mengatakan bahwa pengucapan kata-kata tertentu terdengar seperti aksen mereka sendiri. "Cara dia mengucapkan 'LL' di 'llevaría' bagiku terdengar mirip dengan pengucapan di beberapa bagian Argentina (dari mana aku berasal)," puji netizen lainnya.

Di postingan Reddit lain, seorang pengguna mengakui bahwa "aksennya tergelincir pada beberapa kata yang rumit," tapi mengatakan "dia masih melakukan pekerjaan yang fenomenal" dan "mendengarnya bernyanyi dalam bahasa Spanyol lagi dengan suara madu emasnya baru saja membunuhku." Fans di Twitter juga kagum dengan kemampuan bahasa Spanyol D.O., memuji idol tersebut karena berusaha membawakan lagu dalam tiga bahasa berbeda untuk basis penggemar globalnya.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts