Susi Pudjiastuti Sanjung Orang Kaya Asal Aceh yang Sumbang Rp 2 Triliun Untuk COVID-19
Instagram/susipudjiastuti115
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Aksi keluarga mendiang Akidi Tio yang menyumbangkan dana Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 ini lantas mendapat apresiasi dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

WowKeren - Keluarga mendiang Akidi Tio, seorang pengusaha asal Aceh, menyumbangkan bantuan senilai Rp 2 triliun untuk penanganan pandemi virus corona (COVID-19) di Sumatera Selatan. Dana hibah dari keluarga Akidi diterima oleh Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Eko Indra Heri.

"Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak COVID-19," tutur Irjen Eko, Senin (26/7).

Aksi keluarga Akidi ini lantas mendapat apresiasi dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Susi memuji ketulusan berbagai yang ditunjukkan oleh keluarga Akidi.

"Ketulusan berbagi yg luarbiasa. Respect & apresiasi untuk Bapak Akidi & keluarga," cuit Susi di akun Twitter resminya, Selasa (27/7). "Semoga amal Bapak dibalas oleh Tuhan YME."

Susi Sanjung Akidi Tio

Twitter/@susipudjiastuti


Warganet pun turut memuji aksi keluarga Akidi. Mereka berharap ada pihak lain yang mengikuti jejak keluarga Akidi dan memberikan bantuan penanganan pandemi COVID-19 di berbagai daerah.

"Pandemi ini hrs dihadapi bersama Ibu, lagiĀ² org Aceh menunjukkan kepedulian yg luar biasa. Ayo mana yg dari Irian, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dll," tulis akun @Ek***y1. "Ayo yg mau ikut spt pak Akidi tio, daerah jawa barat, pangandaran, ciamis sok'dipersilakan," tambah akun @To***94.

Sementara itu, Yusuf Rendy Manilet selaku peneliti dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia menilai aksi keluarga Akidi dapat menjadi insipirasi bagi orang-orang kaya lainnya dalam membantu di masa pandemi ini. Rendy menyoroti data yang menyebutkan harta orang kaya justru meningkat di masa pandemi.

"Apalagi kalau kita merujuk pada data Credit Suisse yang menyatakan bahwa di tengah pandemi justru orang kaya di Indonesia yang mempunyai kekayaan di atas USD 100 juta mengalami peningkatan," ujar Rendy kepada detikcom.

Ia menilai apabila mereka sepakat untuk mendonasikan 10 persen dari harta mereka yang misalnya senilai USD 100 juta, maka dana yang terkumpul bisa mencapai USD 10 juta (setara Rp 14 triliun). "Apalagi bantuan donasi seperti ini saya kira bisa memangkas proses administrasi yang panjang jika dibandingkan dengan bantuan yang diberikan pemerintah," pungkasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts