Kemenkes Ungkap Dugaan Vaksin Kosong di Pluit Karena Ada Kesalahan Dari Vaksinator
Pixabay
Nasional

Dalam video yang viral di media sosial menunjukkan seorang pria sedang menjalani vaksinasi COVID-19. Namun alat suntik yang dipakai vaksinator tampak kosong atau tanpa cairan vaksin di dalamnya.

WowKeren - Video dugaan vaksinasi COVID-19 dengan alat suntik kosong di Pluit, Jakarta Utara, sempat mengejutkan media sosial. Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun turut angkat bicara soal dugaan vaksin kosong tersebut.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan peristiwa tersebut terjadi karena kelalaian vaksinator. "Ini sebabnya kesalahan saat mengambil suntikan yang belum diisi vaksin," papar Nadia di Jakarta, dilansir Antara, Senin (9/8).

Menurut Nadia, vaksinator dalam peristiwa tersebut bekerja sebagai tenaga perawat di Rumah Sakit Graha Kedoya, Jakarta Utara. Kini, pihak kepolisian setempat tengah memeriksa peristiwa tersebut untuk mendapatkan keterangan dari pihak terkait.

"Saat ini sedang didalami oleh polisi," jelas Nadia. Ia menyatakan bahwa pihak Kemenkes bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah memutus kerjasama dengan vaksinator tersebut pasca kejadian dugaan vaksin kosong.


"Saat ini yang bersangkutan sudah tidak boleh menjadi vaksinator lagi," ungkap Nadia. "Dan kita juga minta penanggungjawab harus lebih memonitor hal ini."

Sementara itu, DPD Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Kota Administrasi Jakarta Utara menyatakan akan mendukung polisi dalam penyelidikan kasus tersebut. Menurut Ketua DPD PPNI Jakut, Maryanto, penyelidikan dibutuhkan untuk memastikan duduk perkara kasus tersebut. Pasalnya, hal itu tak bisa hanya dilihat dari potongan video yang viral.

"Video itu bisa saja multitafsir," kata Maryanto. "Tapi pada prinsipnya, kami PPNI Jakarta Utara siap bekerjasama dengan Polres Metro Jakarta Utara dalam menyelidiki kasus ini."

Lebih lanjut, Maryanto menilai kasus tersebut memerlukan penyelidikan dan pengembangan yang mendalam serta komprehensif. Ia juga memastikan bahwa vaksinator dalam video tersebut bukanlah anggota DPD PPNI Jakut.

Sebagai informasi, video pendek yang sempat viral di media sosial menunjukkan seorang pria sedang menjalani vaksinasi COVID-19. Namun alat suntik yang dipakai vaksinator tampak kosong atau tanpa cairan vaksin di dalamnya. Diketahui, peristiwa tersebut terjadi pada 6 Agustus 2021 lalu di Pluit.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru