Jakarta-Surabaya Sudah Turun Level, Ini Alasan DIY dan Bali Masih Jadi Wilayah PPKM Level 4
Instagram/dishubdkijakarta
Nasional

Di masa perpanjangan PPKM kali ini, DIY dan Bali masih belum berhasil turun level. Padahal sejumlah wilayah seperti Jabodetabek dan Surabaya Raya telah diturunkan menjadi PPKM Level 3.

WowKeren - Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 Jawa-Bali hingga 6 September 2021 mendatang. Di masa perpanjangan PPKM kali ini, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bali masih belum berhasil turun level.

Padahal sejumlah wilayah seperti Jabodetabek, Surabaya Raya, hingga Bandung Raya telah diturunkan menjadi PPKM Level 3. Kementerian Kesehatan lantas menjelaskan alasan DIY dan Bali masih berstatus sebagai wilayah PPKM Level 4.

Menurut Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, tingginya jumlah isolasi mandiri (isoman) membuat banyak pasien mengalami perburukan gejala sehingga pengendalian COVID-19 di kedua provinsi tersebut belum bisa dilakukan dengan baik.

"Disebabkan banyaknya yang isoman ya itu," kata Nadia kepada CNN Indonesia, dikutip Kamis (2/9). "Jadi masih banyak yang telat ke fasilitas pelayanan kesehatan dan tidak mau dianjurkan untuk isolasi terpusat."


Selain tingginya jumlah isoman, keengganan warga untuk menjalani tes COVID-19 juga menjadi salah satu penyebab DIY dan Bali masih berstatus PPKM Level 4. Keengganan warga itu tersebut dinilai membuat situasi pandemi di kedua provinsi itu tak kunjung mengalami perbaikan. Selain itu, peningkatan mobilitas di kedua provinsi tersebut juga menjadi salah satu faktor.

"Memang masih ada yang tidak mau testing. Sementara terkait pelonggaran pada relaksasi pasti ada peningkatan tapi sedikit, namun isoman dan tidak mau testing jadi penyebab utama," lanjut Nadia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo secara khusus meminta agar dilakukan pengecekan dan intervensi di lapangan terkait penanganan pandemi Bali. Namun demikian, DIY dan Bali diperkirakan dapat segera turun menjadi wilayah PPKM Level 3 dalam beberapa hari mendatang.

"Khusus untuk wilayah Bali, dalam arahan Presiden, beliau meminta secara khusus untuk segera dilakukan pengecekan dan intervensi di lapangan," jelas Luhut dalam keterangan pers pada Senin (30/8) lalu. "Untuk itu, kami akan kembali turun ke lapangan untuk kembali melihat kendala yang dihadapi supaya tren perbaikannya dapat dipercepat."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru