Pemerintah Respons Permintaan Izin Masuk Mal Untuk Anak di Bawah 12 Tahun
Pixabay/Pascal K├Ânig
Nasional
PPKM Darurat

Sebelumnya, Alphonsus Widjadja selaku Ketua Umum APPBI mengungkapkan bahwa pihaknya berharap anak-anak di bawah usia 12 tahun boleh segera kembali masuk ke mal.

WowKeren - Pemerintah diharapkan mengizinkan anak berumur di bawah 12 tahun masuk ke pusat perbelanjaan alias mal. Hal ini disampaikan oleh kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Terkait hal itu, pemerintah menjelaskan alasan belum memberi lampu hijau untuk izin masuk mal bagi anak di bawah 12 tahun. Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menjelaskan bahwa pengambilan kebijakan harus dilakukan dengan hati-hati di tengah pandemi COVID-19 demi mencegah dampak negatif.

"Tentunya kita harus tetap berhati-hati jangan sampai keputusan tersebut berdampak kurang baik," kata Jodi, Kamis (9/9).

Sementara itu, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry Harmadi, menilai tak ada alasan mendesak bagi anak usia di bawah 12 tahun untuk ke mal. Sonny juga mengingatkan bahwa COVID-19 berpotensi menginfeksi siapa pun, termasuk anak-anak.


"Pemerintah ingin memastikan pembukaan aktivitas dilakukan secara bertahap dengan risiko penularan serendah mungkin," tutur Sonny kepada Beritasatu.com. "COVID-19 bisa terkena pada siapapun termasuk anak-anak dan hingga saat ini anak usia di bawah 12 tahun belum divaksin. Jadi apa urgensinya mengajak anak usia 12 tahun ke mal."

Lebih lanjut, Sonny menjelaskan bahwa Indonesia kini masih berada dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ini berarti, sejumlah kegiatan masyarakat masih dibatasi untuk mengantisipasi adanya penularan.

"Jangan euforia, pelandaian kasus terjadi tapi baru dalam 2 minggu terakhir ini. Jadi kita tetap waspada," tegas Sonny.

Sebelumnya, Alphonsus Widjadja selaku Ketua Umum APPBI mengungkapkan bahwa pihaknya berharap anak-anak di bawah usia 12 tahun boleh segera kembali masuk ke mal. Mengingat kondisi mal kini sudah jauh lebih aman.

"Sebetulnya pusat belanja ini mengharapkan anak-anak di bawah usia 12 tahun itu bisa diperbolehkan masuk ke pusat perbelanjaan," katanya usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Rabu (8/9). "Sekarang ini kan sebetulnya di dalam pusat perbelanjaan semua praktis sudah divaksinasi. Jadi relatif pusat perbelanjaan sudah jauh lebih aman dan sehat."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts