WhatsApp Bakal Berhenti Dukung 43 Smartphone Ini Mulai 1 November, Ada Milikmu?
Flickr/Christoph Scholz
Tekno

WhatsApp akan berhenti memberi update, termasuk dari segi keamanan, untuk 43 jenis ponsel ini per 1 November 2021. Adakah ponsel milikmu dalam daftar tersebut?

WowKeren - Selayaknya aplikasi lain, WhatsApp juga terus melakukan pembaruan alias update menyesuaikan dengan perkembangan ponsel pintar kekinian juga. Dan yang terbaru, WhatsApp menegaskan tidak lagi bisa beroperasi normal di 43 model ponsel pintar per 1 November 2021.

Melansir laman FAQ WhatsApp, pada dasarnya aplikasi perpesanan instan ini tidak akan lagi bisa melayani optimal ponsel dengan teknologi Android OS 4.1 alias Jelly Bean, Apple iOS 10, dan KaiOS 2.5.1 Sehingga mengutip The National News, setidaknya ada 43 jenis ponsel yang akan terdampak kebijakan WhatsApp ini.

Karena itulah, WhatsApp menyarankan pengguna ponsel dengan spesifikasi tersebut untuk segera mengganti gawainya. Pasalnya WhatsApp menjamin aplikasinya akan beroperasi dengan lebih aman di teknologi ponsel yang lebih baru.


Kendati demikian, News18 menyatakan WhatsApp tidak akan serta-merta menghentikan operasional aplikasinya di ponsel-ponsel dengan spesifikasi sistem operasi tersebut. Namun ponsel terdampak tidak akan lagi mendapat update fitur dari WhatsApp, yang tentu saja termasuk untuk keamanan dan kelancaran operasional ke depannya.

Sayangnya pula, WhatsApp tak melayani pemindahan history obrolan apabila pemilik ponsel memutuskan untuk mengganti gawainya. Namun WhatsApp menyediakan opsi untuk mengekspor history obrolan mereka sebagai lampiran surel.

Lantas sebenarnya, ponsel model apa saja yang akan terdampak kebijakan ini? Berikut adalah daftar selengkapnya:

  1. Apple: iPhone SE (generasi pertama), 6S, dan 6S Plus
  2. Samsung: Galaxy Trend II, Galaxy SII, Samsung Galaxy Trend Lite, Galaxy S3 mini, Galaxy Ace 2, Galaxy Xcover 2, dan Galaxy Core
  3. LG: LG Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Enact , Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD, Optimus Nitro 4X HD, dan Optimus F3Q
  4. Huawei: Huawei Ascend G740, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, dan Ascend D2
  5. Sony: Sony Xperia Neo L, Sony Xperia Miro, dan Xperia Arc S
  6. ZTE: ZTE Grand S Flex, ZTE V956, Grand Memo, dan Grand X Quad V987
  7. Lainnya: Lenovo A820, HTC Desire 500, Alcatel One Touch Evo 7, Archos 53 Platinum, Faea F1, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, UMi X2. dan THL W8
(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel