Pakar UGM Beri Penjelasan Ilmiah Soal Fenomena Laut Selatan Yogyakarta Bercahaya
Pexels/ Dominika Roseclay
SerbaSerbi

Fenomena laut bercahaya terjadi di Pantai Selatan, Yogyakarta. Hal ini pun disebut berkaitan dengan kehadiran sosok Nyi Roro Kidul yang merupakan urban legend di kalangan masyarakat Jateng.

WowKeren - Tim peneliti dari Amerika Serikat (AS) mengungkapkan mengenai terjadinya fenomena laut bercahaya di Pantai Selatan Jawa, termasuk Yogyakarta. Pantai Selatan yang lekat dengan legenda Nyi Roro Kidul, membuat fenomena tersebut dihubungkan dengan keberadaannya.

Akan tetapi, fenomena tersebut ada penjelasan ilmiahnya. Hal ini dijelaskan oleh Sekretaris Pusat Studi Sumber Daya dan Teknologi Kelautan Universitas Gadjah Mada (UGM), Bachtiar Mutaqin. "Bukan (karena Nyi Roro Kidul), itu fenomena biasa, ada penjelasan ilmiahnya," terang Bachtiar kepada wartawan, Senin (13/9).

Lebih lanjut, Bachtiar menuturkan bahwa ada beberapa kemungkinan dari fenomena laut bercahaya tersebut. Pada bulan-bulan ini, memasuki musim timur yang anginnya berhembus dari Australia.

Kemudian, kata Bachtiar, saat musim timur itu di selatan Jawa ada fenomena yang disebut dengan upwelling, di mana massa air laut naik dari dasar ke permukaan. Menurutnya, saat fenomena ini terjadi, selain membawa banyak nutrien, juga ikan.


"Kemungkinan (laut bercahaya) itu ketika upwelling itu membawa serta fitoplankton ke permukaan laut, jadi ketika dilihat dari cotra satelit semacam bercahaya," papar Bachtiar.

Bachtiar kemudian menerangkan bahwa perairan di Jawa kerap kali mengalami fenomena upwelling. Lokasi yang tengah mengalami fenomena ini, sering kali digunakan para nelayan untuk mencari dan menangkap ikan. "Itu bergantung lokasinya (upwelling), bergantung suhunya seperti apa, salinitasnya seperti apa dan lain sebagainya," tambahnya.

"Dari parameter itu bisa diketahui upwelling," jelas Bachtiar. "Kalau di selatan Jawa memang ada beberapa lokasi upwelling, khususnya musim timur itu banyak sekali lokasi-lokasi penangkapan ikan itu ada di selatan Jawa."

Mengenai fenomena laut bercahaya itu rupanya juga pernah disaksikan oleh nelayan di pesisir pantai selatan Gunungkidul, Yogyakarta. Fenomena ini termasuk kejadian langka yang bisa diliat oleh masyarakat.

Tak hanya para nelayan, rupanya fenomena tersebut juga pernah disaksikan oleh warga di pantai selatan Yogyakarta. Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Kabupaten Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara, mengungkap fenomena serupa pernah terjadi di Pantai Wediombo pada tahun 2014.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts