Kabar Gembira! Tingkat Vaksinasi COVID-19 Di Indonesia Telah Berhasil Capai Target Dari WHO
AP Photo/Bukbis Candra
Nasional
Vaksin COVID-19

Upaya pemerintah dalam melaksanakan percepatan vaksinasi COVID-19 kepada penduduk Indonesia tampaknya membuahkan hasil. Kini Indonesia telah berhasil mencapai target vaksinasi dari WHO.

WowKeren - Pemerintah Indonesia kini semakin menggalakkan percepatan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat guna bisa mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Kini, Indonesia diketahui telah mencapai target vaksinasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebagai informasi, WHO telah menargetkan agar masing-masing negara bisa mencapai vaksinasi COVID-19 10 persen dari populasi mereka di bulan September 2021. Kemudian, WHO juga memberi target agar masing-masing negara bisa mencapai vaksinasi 40 persen dari populasinya pada akhir tahun 2021.

dr Reisa Broto Asmoro selaku Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk penanganan COVID-19 mengatakan bahwa pada pekan ini, Indonesia telah berhasil mencapai 40 persen vaksinasi. Artinya bahwa, Indonesia telah melampaui target dari WHO di bulan September.


"Alhamdulillah, Puji Tuhan, Indonesia sudah melampaui target 10 persen, bahkan sudah mencapai bechmark atau target 40 persen pemberian dosis pertama di Minggu ini," terang Reisa dalam keterangan pers secara virtual, Jumat (24/9). "Sedangkan sebanyak 22,73 persen dari 208.265.720 sasaran vaksinasi di Indonesia sudah menerima dosis kedua."

Reisa menerangkan dengan capaian vaksinasi COVID-19 itu, maka menempatkan Indonesia pada 10 besar negara dengan suntikan vaksin terbanyak di dunia. Secara keseluruhan vaksinasi COVID-19 telah mencapai 43,9 persen populasi dunia telah menerima dosis pertama.

Lebih lanjut, Reisa menuturkan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 di Indonesia sekarang ini tidak terlepas dari tersedianya vaksin di Tanah Air. Pemerintah terus berupaya dalam menjaga ketersediaan vaksin untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional.

"Per hari ini, pemerintah sudah menerima lebih dari 273,6 juta dosis vaksin, baik melalui jalur membeli langsung, kerja sama global yang disebut sebagai COVAX Facility, dan hibah dari negara-negara sahabat," pungkas Reisa. "Sementara itu, dari Januari sampai dengan September 2021, pemerintah sudah menyalurkan lebih dari 179,8 juta dosis ke seluruh penjuru Indonesia."

Reisa menuturkan bahwa secara keseluruhan, sebanyak 6,03 miliar dosis vaksin COVID-19 telah disuntikkan secara global. Kemudian 28,15 juta suntikan juga telah diberikan ke lengan penduduk dunia setiap harinya.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts