Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar Ditangkap, Jusuf Kalla Minta Masyarakat Tak Terprovokasi
Nasional

Ketua DMI Jusuf Kalla meminta masyarakat tidak terprovokasi dengan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar pada Sabtu (25/9) dini hari. Kini pelakunya sudah ditangkap polisi.

WowKeren - Pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (25/9) dini hari menjadi sorotan. Pasalnya seorang pria misterius sengaja menutupi CCTV masjid lalu diduga membakar mimbar pada sekitar pukul 01.17 WITA.

Dan kini Polda Sulsel dilaporkan telah menangkap pria pelaku pembakaran tersebut, tepatnya di Jalan Tinumbu, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar. Namun hingga berita ini ditulis, Tim Resmob Polda Sulsel dan Tim Jatanras Polrestabes Makassar yang menangkap pelaku belum mengungkap identitas maupun motif di balik aksi meresahkannya tersebut.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman pun membenarkan penangkapan pelaku pembakaran mimbar masjid ini. "Iya, pelaku telah ditangkap. Nanti dirilis langsung oleh Kapolrestabes Makassar," terangnya, Sabtu (25/9).

Perihal pembakaran mimbar ini juga turut ditanggapi oleh Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla. JK turut mengecam pembakaran tersebut, namun demikian tetap meminta masyarakat untuk tenang serta tidak terprovokasi oleh aksi yang terjadi.


"Dan saya berharap kepada masyarakat, terutama umat Islam di Makassar dan daerah lainnya di Indonesia," kata JK dalam keterangan tertulisnya. "Agar tidak terprovokasi atas tindakan tersebut."

JK meminta masyarakat untuk tetap tenang karena saat ini polisi pun tengah menangani peristiwa yang terjadi, termasuk membongkar motif tindakannya. Di sisi lain, mantan Wakil Presiden RI tersebut meminta kepada semua pengurus masjid agar meningkatkan kewaspadaan serta segera melapor ke pihak berwenang apabila melihat hal-hal yang mencurigakan.

"Saya berharap kepada para pengurus masjid di Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan," imbuh JK. "Dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat hal-hal yang mencurigakan."

Pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar ini terjadi pada Sabtu (25/9) pukul 01.17 WITA, ketika seorang laki-laki yang diduga pelakunya terekam oleh CCTV masjid. Ia kemudian menutup kamera CCTV dan selanjutnya diduga membakar mimbar masjid.

Beberapa warga melihat kebakaran tersebut dan memanggil penjaga untuk segera memadamkan api. Terduga pelaku kemudian meloncati pagar masjid usai membakar mimbar. Tidak ada korban jiwa yang timbul akibat peristiwa ini.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts