Jelang PON XX Papua, Menkes Sebut Sudah 62,7% Warga Terima Vaksin Dosis Satu
Twitter/KemenkesRI
Nasional
PON XX Papua 2021

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkap progres vaksinasi COVID-19 di lima wilayah penyelenggara PON XX Papua. Agenda olahraga nasional ini dibuka per 2 Oktober 2021 besok.

WowKeren - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terus memberikan perkembangan terbaru persiapan jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Termasuk soal kesiapan warga sekitar jelang agenda besar yang dikhawatirkan bisa menciptakan klaster baru COVID-19.

Menurut Budi Gunadi, saat ini sebanyak 62,7 persen warga di lima kota/kabupaten penyelenggara PON XX Papua sudah menerima vaksinasi dosis pertama. Sedangkan yang sudah menerima vaksinasi COVID-19 dosis kedua adalah sebanyak 39 persen warga.

"Sudah vaksinasi dosis pertama sebesar 406.531, jadi 62,7 persen. Vaksin keduanya sudah dilakukan di 253.474 orang atau 39 persen," terang Budi Gunadi dalam Rapat Tingkat Menteri tentang Penyelenggaraan PON XX Papua pada Senin (27/9).

Sedangkan target pemerintah adalah menyuntikkan vaksin kepada hingga 648.622 orang di lima kota penyelenggara PON XX Papua tersebut. Kelima daerah yang dimaksud adalah Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, Merauke, dan Keerom.


Lebih spesifik, cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama terbaik ada di Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Mimika yang sudah melebihi 60 persen. "Kita sedang mengejar agar Kabupaten Jayapura dan Keerom bisa segera meningkat mencapai 60 persen," imbuh Budi Gunadi, dengan cakupan vaksinasi di Kabupaten Jayapura sebesar 57 persen sementara Keerom sebesar 54 persen.

Lebih lanjut dijelaskan, kebutuhan vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua sudah tiba di wilayah Papua, sehingga pelaksanaan vaksinasinya bisa segera dilakukan. "Tinggal menunggu vaksinasinya saja," tegas Budi Gunadi.

Vaksinasi COVID-19 memang menjadi salah satu persyaratan untuk pelaksanaan PON XX Papua yang aman di tengah pandemi. Seperti disampaikan Menteri Koordinasi bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, penonton yang bisa menyaksikan PON XX Papua secara langsung adalah mereka yang telah menerima vaksin dosis lengkap.

"Syarat sudah vaksinasi dua kali vaksin, baik vaksin dosis satu dan dosis dua," jelas Airlangga, Senin (20/9). Selain itu pengunjung nanti akan dibatasi maksimal 25 persen dari total kapasitas venue, kemudian juga aplikasi PeduliLindungi akan terintegrasi dengan platform sejenis secara global.

Sementara sebelumnya diberitakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga akan membagikan seribu masker setiap harinya. Nantinya akan dibangun gerai pembagian masker di sekitar venue pelaksanaan pertandingan olahraga.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts