Golkar Tunjuk Adies Kadir Gantikan Azis Syamsuddin Sebagai Waketum
Nasional

Azis Syamsuddin telah memutuskan mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua DPR usai ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Tak hanya itu, posisinya sebagai Waketum Golkar juga telah digantikan.

WowKeren - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin kini telah mengundurkan diri dari jabatannya usai dinyatakan sebagai tersangka kasus suap pada 25 September lalu. Azis yang juga merupakan Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar tampaknya juga memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Partai Golkar diketahui telah memutuskan untuk mengganti Azis dengan Adies Kadir sebagai Waketum. Adies sendiri sebelumnya merupakan Sekretaris Fraksi Golkar. Adapun pergantian jabatan ini diputuskan dalam rapat pleno yang digelar di kantor DPP Partai Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat pada Senin (27/9) kemarin.

"Jadi rapat pleno tadi diputuskan pergantian antar waktu (PAW). Ada tiga posisi lowong, Waketum Bidang Politik, Umum, dan Keamanan (Polhukam) yang dijabat Azis Syamsuddin karena non aktif sementara, jadi digantikan oleh saya," terang Adies usai rapat pleno.

Selain menggantikan posisi Azis, Adies menerangkan bahwa ada 2 Waketum lainnya yang juga diganti oleh Golkar. Adapun mereka adalah Firman Soebagyo yang sebelumnya merupakan Ketua DPP Golkar, kini menjadi Waketum bidang Sosial menggantikan Roem Kono.


Selanjutnya adalah Erwin Aksa yang menempati posisi sebagai Waketum bidang Penggalangan Strategis menggantikan Rizal Mallarangen. "Kalau dari kepengurusan DPP, kemungkinan tidak ada perubahan karena sudah disetujui semua melalui rapat pleno," jelasnya.

Sementara mengenai sosok yang menggantikan Azis di posisi Wakil Ketua DPR, Golkar belum mengumumkan siapa orangnya. Meski begitu, Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus disebut akan menggantikan posisi Azis di DPR.

Adies menerangkan bahwa Golkar akan mengumumkan sosok yang menggantikan Azis sebagai Wakil Ketua DPR diumumkan pada Rabu (29/9) besok pukul 16.00 WIB. Adapun alasan pengumuman pengganti Azis di DPR dilaksanakan besok adalah karena pada Selasa (28/8) hari ini, Ketum Golkar sekaligus Menteri Koordinator bidang Pertanian Airlangga Hartarto agendanya masih cukup padat.

Selain itu, kata Adies, Airlangga ingin mengantarkan sendiri surat pergantian Azis kepada Ketua DPR yakni Puan Maharani. "Jadi karena Rabu, ketua umum ingin mengantarkan sendiri suratnya ke ketua DPR, bersama-sama ketua fraksi dan sekretaris fraksi," tandas Adies.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru