Istri Terakhir Presiden RI Pertama Soekarno Meninggal Usai Jalani Perawatan Kanker Dan Gagal Ginjal
Nasional

Kabar duka menyelimuti keluarga sang Proklamator. Pada Minggu (10/10) pukul 22.02 WIB, istri kesembilan dari Presiden Pertama RI Soekarno meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakitnya.

WowKeren - Kabar duka datang dari istri terakhir Presiden Pertama RI Soekarno, Heldy Djafar meninggal dunia. Heldy meninggal pada Minggu (10/10), pukul 22.02 WIB. Seluruh anggota keluarga tampak berkumpul di rumah duka, Tangerang Selatan.

Gusti Firmansyah Noor selaku anak kelima Heldy mengatakan bahwa sang ibunda menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Ia mengungkapkan bahwa sang ibu meninggal usai menjalani perawatan kanker dan gagal ginjal. Heldy diketahui mengidap kanker stadium 4.


"Penyakit awalnya kanker serviks ya tapi ternyata ada gagal ginjal juga. Setelah gagal ginjal itu dia difokuskan untuk memperbaiki ginjalnya dulu akhirnya setelah memperbaiki ginjal nggak berapa lama ternyata kanker serviksnya itu lanjut ke stadium empat," terang Gusti kepada detik.com, Senin (11/10). "Akhirnya ke kanker tulang sama ke paru-paru. Nah di situ dia baru mulai merasakan sesak nafas di situ akhirnya di CT scan akhirnya ada cairan di paru-paru."

Lebih lanjut, Gusti menernagkan bahwa Heldy telah menjalani proses cuci darah, akan tetapi kanker di tubuhnya telah menyebar. Menurut keterangan Gusti, setelah melaksanakan cuci darah, ginjalnya sudah ada perbaikan, akan tetapi karena pada awalnya sudah ada kanker serviks, sehingga untuk sementara dipinggirkan karena harus radiasi. Gusti menerangkan bahwa Heldy meninggalkan enam orang anak dan 10 cucu, serta 2 cicit.

"Radiasi perlu staminanya harus prima. Jadi karena gagal ginjalnya itu dia harus memperbaiki itu dulu," tandas Gusti. "Jadi proses memperbaiki itu kan namanya kanker kita gatau ya ternyata udah menyebar."

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel