Pemerintah Umumkan Nasib PPKM Level 1-4 Hari Ini, Intip Kondisi COVID-19 Indonesia
jatengprov.go.id
Nasional
PPKM Darurat

Pihak Kementerian Dalam Negeri mengungkapkan bahwa nasib Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level akan diumumkan pemerintah pada Senin (18/10) sore.

WowKeren - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia akan berakhir pada Senin (18/10) hari ini. Menjelang pengumuman pemerintah terkait PPKM diperpanjang atau tidak, mari menengok situasi pandemi COVID-19 Indonesia dalam dua pekan terakhir.

Satgas COVID-19 mengungkapkan bahwa tren penurunan kasus positif masih konsisten selama dua pekan terakhir ini. Kasus COVID-19 harian Indonesia terus berada di bawah angka 2.000, dan bahkan mencapai titik terendah pada Minggu (17/10) kemarin dengan 747 kasus.

Selain penurunan kasus COVID-19 harian, angka kematian juga dilaporkan terus menurun. Angka kasus kematian akibat COVID-19 dalam dua pekan terakhir hanya mencapai 691 kasus, jauh lebih rendah dibandingkan 1.456 kasus kematian COVID-19 pada periode 22 September - 4 Oktober 2021. Indonesia bahkan hanya melaporkan 19 kasus kematian COVID-19 pada Minggu kemarin.

Kabar baik lainnya adalah positivity rate yang turut menurun. Sebagai informasi, positivity rate adalah rasio jumlah warga yang terpapar COVID-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan batas aman positivity rate maksimal 5 persen, karena semakin tinggi angka positivity rate maka semakin buruk kondisi pandemi suatu wilayah.


Dalam dua pekan terakhir, positivty rate berada di angka 0,63 persen. Angka ini lebih rendah dibanding positivity rate pada periode 22 September - 4 Oktober 2021 yang mencatatkan angka 0,98 persen.

Meski demikian, angka kesembuhan COVID-19 ikut menurun dalam dua pekan terakhir ini. Jumlah kasus sembuh pada periode 22 September - 4 Oktober 2021 mencapai 44.185 kasus, sedangkan pada dua pekan terakhir angka kesembuhan turun menjadi 26.257 kasus. Turunnya angka kesembuhan ini sejalan dengan menurunnya angka kasus positif COVID-19.

Di sisi lain, pihak Kementerian Dalam Negeri mengungkapkan bahwa nasib PPKM Level akan diumumkan pemerintah pada Senin sore nanti. "Ratas (rapat terbatas) nanti sore. Akan diumumkan presiden dan atau menko sore ini," ungkap Dirjen Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal kepada Liputan6.com.

Safrizal sendiri mengaku maish belum tahu apakah ada daerah yang akan turun status dari PPKM Level 3 menjadi Level 2, atau dari PPKM Level 2 menjadi Level 1. Menurutnya, penurunan level PPKM akan didasarkan pada capaian vaksinasi COVID-19 di masing-masing daerah.

"(Penurunan level PPKM) akan memperhitungkan vaksinasi dan aglomerasi," pungkasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts