Kangen Manggung, Rizal Armada Ungkap Pengalaman Perform Tanpa Penonton Saat Pandemi
Instagram/rizalarmada
Musik

Rizal Armada berbagi cerita mengenai pengalaman perform selama pandemi Covid-19 yng dilakukan secara online. Rizal Armada pun tak memungkiri merindukan suasana manggung seperti dulu.

WowKeren - Dua tahun dilanda pandemi Covid-19, hampir semua rencana konser para musisi tertunda bahkan batal. Untuk mengatasi kekosongan tersebut, para musisi pun beralih melakukan konser online tanpa penonton. Rizal Armada menjadi salah satu musisi yang merasakan pengalaman tersebut.

Rizal Armada pun awalnya tak memungkiri jika dirinya merindukan perform di depan banyak penonton. Sebab, selama pandemi covid-19 segalanya dibuat serba online, termasuk pertunjukan musik. Rizal pun mengaku merasa ada yang aneh saat perform tanpa penonton.

"Iya kangen, awal manggung pas pandemi emang aneh. Kemarin manggung nggak ada penonton, nggak seru," kata Rizal Armada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Jumat (22/10) lalu.

Namun kemudian hal itu memuat Rizal merenungkan diri. Vokalis band Armada itu bertanya pada dirinya sendiri tentang makna dan tujuan dari sebuah pertunjukan musik. Apa sebenarnya target para musisi ketika manggung.

"Sebenarnya ini kita lagi diuji dalam arti 'lu kalau manggung itu targetnya apa? Sorak sorai penonton apa emang karena menghibur," tutur Rizal Armada.


Sampai pada akhirnya, Rizal menemukan jawabannya. Rizal akhirnya tiba pada kesimpulan mengenai esensi tampil manggung dan menghibur audiense. Baik secara langsung atau online.

"Tapi sebenarnya, musisi kan mau ada atau tidak ada penonton, kalau soul-nya dapet, ya dapet aja. Jadi nggak usah terlalu mikirin," jelasnya.

Sementara itu, gitaris Armada, Mai, rupanya juga punya cara sendiri untuk mengantisipasi keanehan saat manggung tanpa penonton. Mai mengaku punya pandangan berbeda mengenai fenomena tersebut.

Mai mencoba memposisikan kamera sebagai penonton. Karena itu, Mai pun berusama berkomunikasi lewat kamera agar sampai pada para penonton online-nya.

"Kalau gue pribadi tuh malah melihat dari sisi yang beda. Gua pribadi memperlakukan kamera kayak penonton aja. Kalau ada penonton yang bisa diajak ketawa, ya udah ngobrol sama kamera. Memposisikan diri, lu beneran mau hibur orang atau apa," pungkas Mai Armada.

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts