Jenazah Vanessa Angel-Bibi Satu Liang Lahat Diduga Tak Sesuai Syariat, Ini Kata Ulama Buya Yahya
Instagram/buyayahya_albahjah
Selebriti
Vanessa Angel Meninggal

Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah telah dimakamkan di satu liang lahat hingga memicu sorotan publik. Disisi lain, terkuak pesan ulama Buya Yahya soal memakamkan dua jenazah dalam satu liang lahat.

WowKeren - Setelah pemakaman, Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah, masih jadi sorotan. Rupanya muncul dugaan kalau jenazah Vanessa dan Bibi dikuburkan tak sesuai syariat Islam.

Ini karena keduanya dimakamkan dalam satu liang lahat. Padahal secara Islam, aturan memakamkan adalah satu jenazah satu liang kubur. Hal berbeda bisa diberlakukan (2 jenazah satu liang kubur) hanya dalam kondisi mendesak.

"Sunnah dalam keadaan tidak mendesak (ikhtiyar) untuk menguburkan tiap jenazah dalam satu liang kubur. Seperti itulah yang dilakukan dan diperintahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Andai terdapat banyak sekali jenazah oleh sebab perang atau yang lain (seperti tsunami atau tanah longsor, pen.), dan sulit bila mesti mengubur tiap jenazah dalam satu liang kubur secara sendiri-sendiri, maka dua atau tiga jenazah bisa dikuburkan dalam satu liang kubur," demikian pesan di kitab Imam Rafi'i.

"Tidak diperbolehkan mengubur dua mayat dalam satu liang kubur. Sebaliknya setiap mayat harus disendirikan dalam kubur mereka masing-masing kecuali dalam keadaan mendesak, demi mengikuti Rasulullah. Andai ada dua mayat dikubur dalam satu liang kubur, maka hukumnya diperinci: bila sejenis (laki-laki dan laki-laki atau perempuan dan perempuan) maka hukumnya makruh menurut pendapat Imam Mawardi dan haram menurut pendapat Imam Syarkhasi," demikian pesan di kitab Iqna.



Ulama Buya Yahya juga mengungkap pendapat serupa. Terutama soal tata cara mengubur dalam keadaan darurat.

"Mengubur dengan dalam satu kuburan dua orang baru diperkenankan kalau memang ada darurat, bencana alam dan sebagainya, atau dimana terlalu susah harus menggali satu persatu," kata Buya. "Tapi dalam keadaan normal, permintaan (yang meninggal) dimakamkan satu liang lahat tidak perlu dipenuhi."

Buya juga menyarankan agar tak usah membongkar makam jika dua jenazah sudah terlanjur dimakamkan dalam satu liang lahat. "Tidak perlu dibongkar, cukup istigfar jika terlanjur. Tidak ada masalah jika tidak tahu, semoga ke depannya kita waspada, bertanya dahulu pada ulama," kata Buya.

(wk/riaw)


You can share this post!


Related Posts