Gerhana Bulan Sebagian Bakal Terjadi Pada 19 November, Terlihat Di 31 Wilayah Jatim
pixabay.com
SerbaSerbi

Terjadinya fenomena alam seperti Gerhana Bulan Sebagian tentunya ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat yang ingin menyaksikannya. Kali ini warga sebagian wilayah Jatim bisa menikmatinya.

WowKeren - Fenomena alam diketahui akan kembali terjadi dan bisa dilihat dari wilayah di Indonesia. Adapun fenomena alam yang dimaksud adalah Gerhana Bulan Sebagian.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan Sebagian bakal terjadi pada Jumat (19/11) besok. Kemudian, sebagian wilayah di Jawa Timur (Jatim) disebut akan bisa melihat fenomena alam yang diketahui memiliki durasi terlama pada abad ini.

Teguh Tri Susanto selaku Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya, mengatakan bahwa data yang diperolehnya dari Stasiun Geofisika menunjukkan wilayah Jatim tidak bisa melihan puncak Gerhana Bulan Sebagian ini. Hal ini lantaran wilayah yang bisa menikmati puncaknya adalah hanya di Manokwari dan Jayapura.


Meski demikian, Teguh menuturkan bahwa sejumlah wilayah di Jatim masih bisa menikmati fase gerhana sebagian berakhir dan fase gerhana total berakhir. "Hanya sebagian fase Gerhana Bulan Sebagian bisa teramati di Indonesia, yakni akhir dari fase gerhana sebagian dan Gerhana Bulan Penumbra," terang Teguh di Surabaya, Rabu (17/11).

Lebih lanjut, Teguh menerangkan bahwa warga Malang dan sekitarnya bisa mengamati Gerhana Bulan Sederhana saat mulai bulan terbit pukul 17.30 WIB. Kemudian juga bisa melihat saat menjelang akhir fase Gerhana Bulan Sebagian hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB.

"Warga Jatim bisa mengamati Gerhana Bulan Sebagian saat mulai bulan terbit, menjelang akhir fase Gerhana Bulan Sebagian hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB," papar Teguh. "Stasiun Geofisika Malang akan melakukan pengamatan Gerhana Bulan Sebagian di halaman Kantor Stasiun Geofisika Malang."

Adapun 31 wilayah Jatim yang bisa menikmati Gerhana Bulan Sebagian adalah:

  1. Surabaya
  2. Pacitan
  3. Magetan
  4. Ngawi
  5. Ponorogo
  6. Madiun
  7. Trenggalek
  8. Bojonegoro
  9. Nganjuk
  10. Tulungagung
  11. Kediri
  12. Tuban
  13. Blitar
  14. Jombang
  15. Lamongan
  16. Mojokerto
  17. Batu
  18. Gresik
  19. Malang
  20. Sidoarjo
  21. Bangkalan
  22. Pasuruan
  23. Probolinggo
  24. Lumajang
  25. Sampang
  26. Pamekasan
  27. Jember
  28. Bondowoso
  29. Sumenep
  30. Situbondo
  31. Banyuwangi
(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts