Soal Hak Perwalian, Keluarga Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Berpeluang Asuh Gala Bareng
Instagram/vanessaangelofficial
Selebriti

Sama-sama mengajukan hak perwalian, baik keluarga Vanessa Angel maupun Bibi Ardiansyah tetap bisa mengasuh Gala Sky terlepas dari penetapan secara hukum. Berikut penjelasan Humas Pengadilan Agama Jaksel.

WowKeren - Sepeninggal Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, pihak keluarga besar mereka sama-sama ingin mejadi wali Gala Sky. Setelah ayah Bibi lebih dulu mengajukan hak perwalian, kini giliran Doddy Sudrajat selaku ayah Vanessa.

"Kalau dua-duanya mengajukan ya nanti kita periksa. Biasanya yang lebih dulu siapa. Sebenarnya mereka bisa bersama-sama mengajukan hak asuh terhadap anak tersebut. Nanti pengadilan yang menetapkan demi kepentingan anak itu sendiri," kata Drs. H. Solaeman Humas Pengadilan Agama Jakarta Barat di dalam video kanal YouTube KH Entertainment yang tayang pada Kamis (18/11).

Penetapan mengenai hak perwalian nanti akan berdasarkan kepentingan anak bukan terpatok pada keluarga kedua orangtuanya. Pengadilan nanti akan menetapkan mana yang lebih berhak menjadi wali.

"Bukan demi kepentingan Vanessa, bukan demi kepentingan Bibi. (Ditetapkan) sesuai kepentingan anak itu," tegas Drs. H. Solaeman. "Jadi anak itu nantinya akan sama apakah orang tua Vanessa atau orang tua Bibi nanti pengadilan yang akan menetapkan."


Kendati ditetapkan secara hukum siapa wali Gala kelak, Drs. Solaeman menyatakan bahwa kedua pihak keluarga tetap berpeluang mengasuh bersama. Hal ini dikarenakan, baik wali maupun anak sendiri punya kepentingan masing-masing. Dan status hukum wali anak tidak menjadi soal untuk menghalangi keluarga membesarkan Gala bersama.

"Sebenarnya bisa diatur, mereka sama-sama punya kepentingan, bisa dimusyawarahkan. Nanti bisa saja anak itu dalam pengasuhan orang tua Vanessa atau juga orang tua Bibi," tambahnya.

Jika hak perwalian Gala jatuh pada salah satu pihak, Drs. Solaeman menjelaskan tidak menggugurkan pihak lain untuk tetap mengasuh anak tersebut. Karena pada dasarnya baik ayah Bibi maupun Vanessa di sini statusnya sederajat lantaran sama-sama kakek.

"Bisa sama-sama, bisa juga. Tidak menggugurkan hak masing-masing, karena mereka punya derajat yang sama. Karena sama-sama kakek dari anak, dari Gala. Mereka sama-sama punya hak," tutupnya Drs. H. Solaeman.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait