Satgas COVID-19 Ungkap Hampir 88 Juta Orang di Indonesia Sudah Divaksinasi Lengkap
Instagram/kemensosri
Nasional

Hingga saat ini sudah ada hampir 350 juta dosis vaksin COVID-19 yang datang ke Indonesia. Antusiasme masyarakat Indonesia dalam mengikuti program vaksinasi COVID-19 juga disebut tinggi.

WowKeren - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengungkapkan hampir 88 juta orang di Indonesia kini telah menerima vaksinasi COVID-19 secara lengkap. Sedangkan lebih dari 45 juta orang kini tengah menunggu pemberian vaksinasi dosis kedua.

"Sudah 43,23 persen dari 208 juta lebih orang Indonesia yang sudah divaksin lengkap atau hampir 88 juta orang telah selesai mendapatkan dosis kedua," ungkap Juru Bicara Satgas COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, dalam konferensi pers pada Jumat (19/11). "Dan 45,4 juta lebih sedang menunggu pemberian dosis kedua setelah selesai mendapatkan dosis pertama."

Oleh sebab itu, Reisa mengajak masyarakat untuk segera melengkapi dosis vaksinasi COVID-19 mereka. Sedangkan untuk orang-orang yang sama sekali belum menerima vaksinasi COVID-19, Reisa meminta mereka untuk tak ragu disuntik.

"Segera ke sentra vaksinasi terdekat. Semua merek vaksin sama efektifnya dan telah disetujui BPOM sehingga artinya aman, bermutu, dan berkhasiat," jelas Reisa.

Menurut Reisa, WHO telah menyatakan bahwa vaksin harus menjangkau orang-orang yang paling membutuhkan. "Jadi bukan hanya berapa cakupan vaksin yang sudah kita capai, tapi juga tentang siapa saja yang sudah divaksinasi," kata Reisa.


Sementara itu, hingga saat ini sudah ada hampir 350 juta dosis vaksin COVID-19 yang datang ke Indonesia. Reisa juga mengungkapkan tingginya antusiasme masyarakat dalam mengikuti program vaksinasi COVID-19.

"Penyuntikan vaksin dapat mencapai rata-rata 2 juta dosis per harinya. Hari ini bahkan sudah lebih dari 220 juta suntikan diberikan kepada masyarakat," ungkap Reisa.

Capaian Indonesia tersebut, tutur Reisa, diapresiasi oleh negara besar dan negara sahabat. Indonesia juga terus mendapat hibah vaksin dan apresiasi dari fasilitas kerjasama internasional seperti COVAX.

Sebelumnya, Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito sempat mengungkapkan bahwa cakupan vaksinasi COVID-19 di empat provinsi masih tergolong rendah. Antara lain Riau, Lampung, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Menurut Wiku, cakupan vaksinasi dosis lengkap di empat provinsi tersebut baru berkisar 18 hingga 27 persen. Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata nasional cakupan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap yang mencapai 40 persen.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait