Wagub DKI Tegaskan Tak Ada Klaster Sekolah di Ibu Kota, Siswa Disebut Tertular di Perjalanan
Nasional

Sejumlah sekolah di Jakarta memang pernah ditutup karena ditemukannya kasus COVID-19. Namun penularan dipastikan tak terjadi di sekolah sehingga PTM bisa dilanjutkan.

WowKeren - Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas masih terus berlangsung di DKI Jakarta hingga saat ini. Durasi PTM terbatas bahkan ditambah oleh Dinas Pendidikan DKI kala Ibu Kota memasuki masa PPKM Level 1.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria lantas menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada klaster sekolah dalam pelaksanaan PTM di Ibu Kota. Jika ditemukan ada beberapa kasus positif COVID-19, otomatis sekolah tersebut akan langsung ditutup dan kembali pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Sampai hari ini kita di DKI Jakarta tidak ada yang klaster sekolah, sekalipun ada beberapa klaster (kasus yang siswa positif) sekolah itu langsung kami tutup," jelas Riza di Balai Kota DKI pada Senin (22/11).

Riza sendiri meyakini bahwa penularan COVID-19 di kalangan siswa terjadi selama perjalanan dari atau menuju sekolah. Bukan di sekolah itu sendiri.

Sejumlah sekolah di Jakarta memang pernah ditutup karena ditemukannya kasus COVID-19. Namun penularan dipastikan tak terjadi di sekolah sehingga PTM bisa dilanjutkan usai hanya ditutup selama tiga hari.


"Terjadinya penyebaran bagi anak-anak yang ikut PTM itu sesungguhnya bukan di sekolah, tapi dalam perjalanan pergi dari rumah ke sekolah dan dari pulang sekolah ke rumah," paparnya.

Menurut Riza, penularan virus justru banyak terjadi dalam klaster keluarga. Namun ia mengklaim bahwa penularan COVID-19 di Ibu Kota masih dalam tahap terkendali.

"Dengan penyebaran COVID di Jakarta kita masih terus adanya konsistensi penurunan," katanya.

Di sisi lain, para orangtua diminta Riza untuk terus mengimbau anak-anaknya dalam menerapkan protokol kesehatan selama PTM. Termasuk memakai masker dan mencuci tangan.

"Maka dari itu kami minta para orang tua, kita semua untuk memastikan anak-anak kita yang sekolah melaksanakan PTM untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, baik, disiplin bertanggung jawab, pastikan cuci tangan," paparnya. "Kemudian menggunakan masker, jaga jarak dan sebagainya, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait