Respons Pertamina Usai 'Disentil' Erick Thohir Soal Toilet SPBU Tidak Gratis
mypertamina.id
Nasional

Sebelumnya, masalah toilet yang tidak gratis ini disinggung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kala ia melakukan sidak ke SPBU Pertamina di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

WowKeren - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sempat "menyentil" Direksi Pertamina soal toilet berbayar di SPBU. Pihak Pertamina lantas buka suara menanggapi "sentilan" Erick tersebut.

Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan bahwa toilet di SPBU merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU. Oleh sebab itu, Fajriyah mengingatkan agar seluruh SPBU memastikan ketersediaan toilet gratis.

"Toilet merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU," tutur Fajriyah. "Kami ingatkan kepada seluruh SPBU untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tidak hanya BBM namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya."

Sebelumnya, masalah toilet ini disinggung Erick kala ia melakukan sidak ke SPBU Pertamina di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur. Kala itu, Erick bertanya kepada penjaga toilet SPBU kenapa pelanggan harus membayar Rp 2.000 untuk sekali buang air dan Rp 4.000 untuk mandi. Penjaga toilet mengaku kurang tahu alasannya karena dirinya hanya menjalankan pekerjaan di SPBU tersebut.


Adapun SPBU tersebut merupakan milik swasta yang bekerjasama dengan Pertamina. Pemilik SPBU tersebut diketahui bernama Agus. Erick pun berencana menelepon pemilik SPBU untuk menanyakan alasan toilet dipungut biaya. Selain itu, Erick juga "menyentil" Direksi Pertamina terkait isu toilet SPBU ini.

"Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Udah gitu ada juga toko kelontongnya. Jadi masyarakat mustinya mendapat fasilitas tambahan," ujar Erick dalam video di akun Instagram resminya. "Saya minta Direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerjasama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar. Harus gratis!"

Adapun instruksi Erick untuk menggratiskan seluruh toilet di SPBU Pertamina ini mendapat dukungan dari pengamat transportasi Djoko Setidjowarno. "Itu bagus, tapi harus bersih dan terawat toiletnya," kata Djoko kepada Antara, Selasa (23/11).

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts