Kemenkes Ungkap 19 Daerah Alami Kenaikan Kasus COVID-19 Jelang Nataru, Mana Saja?
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Kementerian Kesehatan memantau ke-19 kabupaten/kota tersebut lantaran libur panjang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sudah di depan mata. Daerah mana sajakah yang dimaksud Kemenkes?

WowKeren - Pemerintah benar-benar mengantisipasi potensi terjadinya lonjakan kasus COVID-19 akibat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Karena itulah pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah Indonesia, sekaligus memantau daerah-daerah yang menunjukkan peningkatan kasus.

Kementerian Kesehatan mencatat setidaknya ada 19 kabupaten/kota yang menunjukkan tren peningkatan kasus positif COVID-19 dalam beberapa waktu terakhir. Pemantauan pun akan ditingkatkan menjelang Nataru.

Dari 19 kabupaten/kota yang tersebar di 13 provinsi Indonesia tersebut, ada 2 daerah yang begitu dipantau oleh Kemenkes. "Fak-fak dan Purbalingga yang mengalami kenaikan kasus selama empat minggu berturut-turut," jelas Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, kepada CNN Indonesia, Rabu (24/11).


Sedangkan 17 kabupaten/kota lainnya, menurut Siti Nadia, mengalami kenaikan rata-rata dalam dua pekan terakhir. Tren kenaikan ini dihitung berdasarkan parameter penambahan kasus di suatu daerah yang melebihi 10 dalam dua minggu.

Terdapat beberapa faktor terjadinya kenaikan kasus COVID-19 di 19 kabupaten/kota tersebut. Termasuk di antaranya tingkat pelaksanaan testing dan tracing, sehingga Siti Nadia mengimbau pemerintah daerah masing-masing untuk mempertajam kembali kewaspadaan serta strateginya.

Selain itu, Siti Nadia juga mendorong pemerintah daerah untuk melakukan percepatan vaksinasi COVID-19. "Kita tahu perjalanan kita untuk bagaimana kita mengupayakan vaksinasi betul-betul bisa berjalan sesuai harapan ya, artinya bisa berkontribusi terhadap penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia," ujar Siti Nadia.

Lantas di mana saja 19 kabupaten/kota dengan peningkatan kasus tersebut? Berikut rincian selngkapnya, dikutip dari CNN Indonesia yang merangkum data Kemenkes:

  1. Jawa Barat: Ciamis, Kota Tasikmalaya
  2. Jawa Tengah: Purbalingga, Boyolali, Pekalongan
  3. Jawa Timur: Nganjuk
  4. Sumatera Utara: Padang Lawas Utara
  5. Sumatera Selatan: Kota Palembang
  6. Sumatera Barat: Kota Bukittiinggi
  7. Lampung: Lampung Utara, Kota Bandar Lampung
  8. Aceh: Kota Lhokseumawe
  9. Kepulauan Bangka Belitung: Belitung Timur
  10. Kalimantan Barat: Sanggau, Melawi, Kota Pontianak
  11. Kalimantan Timur: Kutai Timur
  12. Maluku: Tanimbar
  13. Papua Barat: Fak-Fak
(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts