Kabar Gembira! Kemnaker Akan Terus Percepat Penyaluran BSU Kepada Pekerja/Buruh
Pxhere
Nasional

Kemnaker menyampaikan kabar gembira bagi pekerja atau buruh di Indonesia. Kemnaker diketahui bakal terus mempercepat penyaluran bantuan subisidi upah kepada mereka yang terdampak pandemi COVID-19.

WowKeren - Selama pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia, pemerintah menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak langsung. Adapun bantuan yang disalurkan di antaranya adalah bantuan sosial atau bansos dan subsidi gaji atau upah (BSU).

Kini, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengatakan bahwa pihaknya akan terus mempercepat penyaluran BSU kepada pekerja/buruh. Mengenai hal ini, Kemnaker sendiri telah menerbitkan Peraturan Menaker Nomor 21 Tahun 2021 yang merupakan perubahan kedua Permenaker 14/2020.

Berdasarkan keterangan dari Menaker Ida Fauziyah, regulasi tersebut juga mengatur pedoman pemberian BSU bagi pekerja atau buruh dalam penanganan dampak COVID-19. Selain itu, Permenaker 21/2021 itu juga merupakan aturan perluasan penerima bantuan subsidi upah dengan mengefektifkan sisa anggaran BSU 2021.

Lebih lanjut, Ida mengungakapkan bahwa hingga saat ini, BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan sekitar 8.283.364 data calon penerima BSU 2021. Data ini disebutkan telah mencakup perluasan penerima BSU.


"Sisa anggaran ini dapat mendorong tercapainya target BSU sebagai upaya mitigasi dampak pandemi pada sektor ekonomi," papar Ida dalam keterangannya, Kamis (25/11). "Data tersebut sudah mencakup penerima BSU melalui skema perluasan sebanyak 517.120 calon penerima."

Selain itu, Ida juga menerangkan bahwa calon penerima BSU yang tidak dapat menerima bantuan tersebut lantaran disebabkan oleh adanya duplikasi data dengan penerima bansos atau bantuan pemerintah lainnya seperti program Kartu Prakerja, PKH, dan BPUM. Menurutnya, saat ini masih terdapat 392.018 data yang memerlukan perbaikan.

"Namun untuk calon penerima yang duplikasi dengan bansos atau bantuan pemerintah lain memang tidak bisa mendapatkan BSU," tegas Ida.

Sementara untuk bisa mengetahui status penyaluran BSU, kata Ida, masyarakat bisa mengunjungi laman bsu.kemnaker.go.id, dengan membuat akun terlebih dahulu. Selanjutnya, bisa mengunjungi menu profil untuk melihat notifikasi penyaluran BSU.

Dengan begitu, Ida mengharapkan agar penyaluran BSU 2021 bisa berjalan lancar, serta benar-benar membantu pekerja atau buruh yang terkena dampak pandemi COVID-19 secara langsung. Selain itu, pemerintah juga berharap agar pandemi di Indonesia bisa segera berakhir, dan keadaan bisa kembali pulih.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait