Kini Jabat KSAD, Dudung Abdurachman Sampaikan Pesan Penting Ini Soal KKB Papua
Nasional

KSAD Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja ke Jayapura, Papua. Dudung kemudian menyampaikan pesan penting untuk para prajurit yang ditempatkan di sana.

WowKeren - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman sudah menegaskan fokus pertama pekerjaannya, yakni soal Poso dan Papua. Dalam kunjungannya ke Jayapura, Papua pada Selasa (23/11) kemarin, Dudung pun sempat menyampaikan sejumlah arahan terkait aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Rupanya Dudung menegaskan agar jangan sampai TNI menganggap KKB Papua sebagai musuh. "Jangan sedikit pun berpikiran bahwa KKB itu adalah musuh kita. Mereka saudara kita yang belum paham tentang NKRI," tutur Dudung, dikutip pada Kamis (25/11).

Karena itulah, Dudung mengimbau tentara yang ditugaskan di Papua agar jangan memiliki mindset hendak berperang. "Tetapi membantu Polri, membantu pemerintah daerah, untuk memulihkan jalur perekonomian, memulihkan situasi keamanan di sini," sambung Dudung.

Personel TNI yang ditempatkan di Papua harus bisa merangkul warga setempat agar dapat membantu berkontribusi dalam membangun daerahnya. Sehingga pada akhirnya mereka bisa mencintai TNI dan tentu saja Indonesia.


"Khususnya kepada mama Papua dan kaum milenial ini harus kita perhatikan. Kondisi perekonomian, bagaimana pertumbuhannya, sehingga mereka bisa mandiri dan kaum milenial juga generasi penerus bangsa yang harus kita kawal untuk kejayaan Papua ini," tegas Dudung.

"Oleh karena itu dalah bertugas untuk selallu mencintai rakyat Papua," lanjut sang mantan Pangkostrad melalui keterangan tertulisnya yang diterima Kompas, Kamis (25/11). "Sehingga pada akhirnya rakyat Papua akan mencintai TNI."

Prajurit TNI AD, menurut Dudung, sudah sepatutnya hadir di tengah masyarakat dan tentu saja menjadi solusi bagi mereka. "Pedomani Tujuh Perintah Harian KSAD, di dalamnya yaitu implementasi tentang Sumpah Prajurit, Sapta Marga, dan 8 Wajib TNI," pungkasnya.

Dudung Abdurachman secara resmi dilantik Presiden Joko Widodo menjadi KSAD pada 17 November 2021. Enam hari setelahnya, Dudung melakukan kunjungan kerja perdana sebagai seorang KSAD ke Provinsi Papua.

"Memang saya sudah niat," kata Dudung. "Pada saat saya dilantik, prioritas pertama saya akan lihat Papua, yang adalah prioritas utama yang saya kunjungi."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts