Bamsoet Ungkap Alberto Longo Ingin Bertemu Jokowi Untuk Minta Arahan Soal Venue Formula E
Piqsel
Nasional
Kontroversi Formula E

Bamsoet selaku Ketua Umum IMI menjelaskan bahwa Co-Founder sekaligus Chief Championship Formula E Operations Alberto Longo berharap bisa bertemu dengan Jokowi untuk meminta arahan terkait lokasi venue Formula E.

WowKeren - Penentuan venue ajang balap mobil listrik Formula E DKI Jakarta sempat disebut berada di tangan Presiden Joko Widodo. Namun hal tersebut telah dibantah oleh Gubernur DKI Anies Baswedan yang mengatakan bahwa venue akan ditentukan Formula E Operations (FEO), Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan Jakpro.

Bambang Soesatyo alias Bamsoet selaku Ketua Umum IMI lantas meluruskan polemik tersebut. Bamsoet memastikan bahwa penentuan venue Formula E di Ibu Kota tetap akan dilakukan oleh IMI.

"IMI, Alberto (Co-Founder sekaligus Chief Championship Formula E Operations) dan Jakpro yang nantinya akan bertanggungjawab mengambil keputusan dalam menentukan lokasi sirkuit Jakarta E-Prix 2022," jelas Bamsoet pada Jumat (26/11).

Bamsoet lantas menjelaskan bahwa Alberto Longo sebelumnya berharap bisa bertemu dengan Jokowi untuk meminta arahan terkait lokasi yang dianggap tepat sebagai venue Formula E. Menurut Bamsoet, hal tersebut adalah bentuk penghormatan Alberto kepada Jokowi.

"Kalau kemarin Alberto Longo sebagai Co-Founder sekaligus Chief Championship Formula E Operations (FEO), berharap dapat bertemu Presiden Joko Widodo atas permohonan Gubernur Anies Baswedan. Untuk meminta arahan terkait lokasi mana yang paling tepat untuk lokasi sirkuit Formula-E mengingat ini adalah event internasional," terang Bamsoet. "Salahnya dimana? Justru saya menilai hal itu merupakan bentuk penghormatan Alberto kepada Bapak Presiden sebagaimana dia melakukannya di beberapa negara."


Lebih lanjut, Bamsoet menjelaskan bahwa IMI memiliki kepentingan untuk menjaga kepercayaan organisasi otomotif dunia. Sehingga berbagai agenda balap internasional yang telah dijadwalkan di Tanah Air bisa berjalan baik.

"Masalah hukum bukan urusan kami. Silakan para penegak hukum memprosesnya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," tuturnya.

Sebelumnya, lima calon lokasi venue Formula E di Ibu Kota telah diungkapkan. Antara lain wilayah Sudirman, PIK, kawasan dekat Stadion JIS, JIExpo Kemayoran, dan Ancol. Kelima calon venue tersebut kini masih dalam tahap uji kelayakan.

Bamsoet menjelaskan bahwa tidak sembarang lokasi bisa dijadikan Sirkuit Formula E. Menurutnya, lokasi yang paling tepat dari kelima tempat tersebut adalah kawasan Ancol.

"Karenanya membutuhkan keahlian khusus yang kompleks. IMI sangat berperan disana, memastikan lokasi sirkuit yang dipilih akan dikembangkan lebih lanjut agar sesuai dengan standar FEO dan juga standar Fédération Internationale de l'Automobile/FIA," pungkasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts