BMKG Prediksi Jelang Hingga Tahun Baru 2022 Hampir Seluruh Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat
Nasional

BMKG memaparkan mengenai proyeksi prakiraan cuaca menjelang hingga setelah perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi bakal terjadi hujan lebat.

WowKeren - Seperti yang diketahui, setiap menjelang akhir tahun dan tahun baru, Indonesia memasuki musim hujan. Seperti yang terjadi pada Tahun Baru 2022 nanti, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prediksi atau prakiraan cuaca setelah masa Natal dan Tahun Baru.

Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG menyampaikan bahwa prakiraan cuaca menjelang dan setelah masa Nataru, tepatnya 18 Desember 2021 hingga 8 Januari 2022, mayoritas wilayah Indonesia berpotensi bakal diguyur hujan sedang hingga lebat. Ia mengungkapkan bahwa hampir di seluruh wilayah Sumatera dan Jawa akan berpotensi hujan lebat. Begitu juga dengan di Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

"Proyeksi kondisi cuaca pada saat Nataru, kita mulai periode 18-24 Desember 2021, potensi cuaca satu minggu sebelum Natal, di sini terlihat potensi cuaca gambar yang menunjukkan awan hitam itu adalah hujan lebat nampaknya," papar Dwikorita dalam rapat bersama Komisi V DPR, Rabu (1/12).

"Hampir seluruh provinsi di Sumatera kecuali Sumsel dan di Jawa, kecuali DKI akan mengalami hujan lebat, bahkan sampai NTT ini hujannya lebat dan intensitas sedang," lanjut Dwikorita.

Dwikorita memaparkan hujan lebat juga terjadi di sejumlah wilayah lainnya yakni seluruh provinsi di Kalimantan, Papua, dan Papua Barat. Sementara untuk wilayah Maluku Utara diprediksi hujan sedang, Sulawesi sebagian hujan sedang dan sebagian hujan lebat. "Itu hingga tanggal 24 Desember 2021," imbuhnya.


Selanjutnya, Dwikorita menjelaskan mengenai prakiraan cuaca pada Nataru yakni 25 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Menurutnya, pada waktu tersebut, potensi hujan akan terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia dengan intensitas sedang-lebat.

"Tampaknya hampir seluruh provinsi di Indonesia itu mengalami hujan lebat, baik di Sumatera, Kalimantan, Jawa, NTT, Papua, Sulawesi sebagian besar hujan lebat, kecuali di Sulbar, dan Maluku hujan sedang," jelas Dwikorita.

Sementara untuk pekan 2 hingga 8 Januari 2022, Dwikorita menyebut diprediksi masih adanya hujan lebat. Hujan ini berpotensi di sebagian besar provinsi Indonesia. "Ada beberapa yang mengalami diprediksi hujan intensitas sedang, namun mayoritas hujan lebat," beber Dwikorita.

Maka dari itu, Dwikorita meminta agar seluruh masyarakat untuk terus memperhatikan pantauan cuaca. Menurutnya, dengan hujan lebat, bencana alam akan mungkin bisa terjadi, sehingga ia mengimbau masyarakat untuk tetap hati-hati demi keselamatan bersama.

"Apalagi di masa pandemi COVID-19, biasanya daya tahan tubuh juga mulai menurun di kondisi cuaca semacam itu," tandas Dwikorita.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait