Registrasi Akun LTMPT Sekolah Dimulai Hari Ini, Simak Alur Pendaftaran SNMPTN 2022
Nasional

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mochamad Ashari, menjelaskan bahwa sekolah sudah bisa melakukan pendaftaran akun LTMPT mulai Selasa (4/1) hari ini pukul 15.00 WIB dan ditutup pada 15 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

WowKeren - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah dibuka. Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mochamad Ashari, menjelaskan bahwa sekolah sudah bisa melakukan pendaftaran akun LTMPT mulai Selasa (4/1) hari ini pukul 15.00 WIB dan ditutup pada 15 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

"Proses dimulai hari ini melalui portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun sekolah mulai tanggal 4 Januari 2022," terang Ashari dalam konferensi pers pada Selasa hari ini.

Sebelum itu, sekolah harus dipastikan telah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Sekolah dengan akreditasi A akan diberi kuota sebesar 40 persen, akreditasi B sebesar 25 persen, dan akreditasi C hanya 5 persen.

Sementara itu, para siswa baru bisa melakukan registrasi akun LTMPT mulai 10 Januari hingga 15 Februari 2022. Pihak LTMPT membuka pendaftaran untuk sekolah terlebih dahulu untuk mencegah kemacetan IT.

"Untuk siswa itu baru bisa membuat akun 10 Januari-15 Februari. Soalnya itu bisa sampai 2,4 juta pada saat itu baru dibuka, ini rawan terjadi kemacetan di IT sehingga kita geser," paparnya. "Untuk sekolah dulu, baru siswa buat akun. Nanti siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dia mau mengambil jurusan apa."

Setelah membuat akun, pihak sekolah harus melakukan registrasi akun LTMPT bagi para siswa kelas 12 melalui laman yang sama. Sekolah harus menetapkan calon peserta yang memenuhi syarat untuk dapat ikut SNMPTN 2022 pada periode 4 Januari hingga 8 Februari 2022.


Kemudian pihak sekolah harus melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pengisian PDSS ini akan dimulai pada 8 Januari hingga 8 Februari 2022.

"Launching hari ini dilanjut untuk penetapan siswa yang memenuhi syarat itu sampai 8 Februari pengisian PDSS," lanjutnya.

Sementara itu, siswa dapat melakukan pendaftaran SNMPTN 2022 mulai 14 hingga 28 Februari 2022. Para peserta dapat memilih paling banyak dua PTN dan dua program studi.

Apabila memilih dua program studi, maka salah satunya harus berada di PTN yang ada di provinsi yang sama dengan sekolah asal. Apabila hanya memilih satu program studi, maka peserta dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

Peserta yang mengambil program studi bidang seni dan olahraga wajib untuk mengunggah portofolio. "Dasarnya dari nilai rapot dan portofolio, kalau seni dan olahraga itu dengan portofolio," katanya.

Hasil SNMPTN 2022 akan diumumkan pada 29 Maret mendatang. Daftar ulang peserta yang lulus SNMPTN 2022 nantinya dapat dilihat melalui lama PTN masing- masing peserta.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait