Susul Sekolah, Perguruan Tinggi Bersiap Laksanakan PTM 100 Persen
Nasional
Sekolah di Tengah Corona

Tidak hanya sekolah, kini perguruan tinggi juga tengah mempersiapkan pelaksanaan perkuliahan tatap muka 100 persen. Hal itu dilakukan menindaklanjuti SKB 4 Menteri tentang pembelajaran di masa pandemi.

WowKeren - Seperti yang diketahui, saat ini beberapa sekolah telah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen. Hal ini sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru-baru ini menyebut bahwa perguruan tinggi di Indonesia saat ini juga tengah bersiap menggelar perkuliahan tatap muka terbatas dengan kapasitas 100b persen. Hal ini juga menindaklanjuti SKB 4 Menteri terbaru tentang pembelajaran di masa pandemi.

"Kita akan mulai tambah-tambah lagi sedang dievaluasi dari yang kemaren seperti apa. Kemarin saya monitoring bersama Prof Aris (Direktur Belmawa) ke beberapa kampus dan kegiatannya sudah sangat siap 100 persen," tutur Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Diktiristek Nizam di Gedung Kemendikbudristek, Jakasrta, Selasa (4/1). "Tapi beberapa belum siap."


Nizam mengharapkan agar situasi pandemi COVID-19 di Indonesia bisa terus membaik, sehingga tidak menghambat pelaksanaan PTM di berbagai perguruan tinggi Tanah Air. Selain itu, para mahasiswa juga diharapkan untuk bisa lebih bersiap dalam rangka memulai PTM 100 persen.

Menurut Nizam, sejauh ini, belum ditemukan adanya klaster baru COVID-19 saat PTM digelar. "Kuncinya disiplin, jaga protokol kesehatan. Nanti sore kita merapat untuk membahas SOP itu untuk digunakan kampus kita," ungkap Nizam.

Di sisi lain, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Mochamad Ashari mengaku sudah menyampaikan kepada para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam rangka menyambut pelaksanaan perkuliahan tatap muka 100 persen. Ia pun meminta seluruh mahasiswa yang berada di luar kota ataupun pulau, untuk segera kembali ke Surabaya sebelum awal semester.

"Semester depan ini, bulan Februari itu kita minta semua mahasiswa datang ke Surabaya," ujar Ashari dalam keterangan, Selasa (4/1). Dengan begitu, menandakan bahwa perguruan tinggi di Indonesia saat ini diketahui telah siap untuk menggelar PTM 100 persen.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts