Longsoran Tebing Anak Bengawan Solo di Klaten Terus Melebar Akibat Banjir, Warga Cemas
Nasional

Sebuah telut tebing Sungai Babadan di Klaten, Jawa Tengah, menjelang akhir tahun 2021 lalu mengalami longsor. Akibatnya, mengancam permukiman warga yang ada di sekitar lokasi.

WowKeren - Bencana alam kembali melanda Indonesia. Anak Bengawan Solo Talut Tebing Sungai Babadan di Desa Babadan, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah, mengalami longsor. Longsoran ini diketahui terus melebar akibat banjir yang datang, sehingga memicu rasa cemas warga.

"Ya khawatirnya kena jalan. Meskipun kemarin sudah dicek," tutur salah seorang warga Desa Babadan, Mustofa (41) kepada detikcom di lokasi, Kamis (13/1).

Adapun kediaman dari Mustofa diketahui berada di sebelah utara lokasi. Ia mengatakan bahwa longsor pada tebing sungai itu terjadi sejak bulan Desember 2021, dan terus melebar hingga saat ini. Adapun penyebab melebarnya tebing yang longsor itu tergerus air banjir.

"Itu yang terlihat basah itu kan kena banjir, terus rontok," jelas Mustofa. "Dulu talut ini yang atas sebagian yang bangun warga. Mungkin (perbaikan) menunggu banjir berkurang, tembok talut yang melorot untungnya tidak hanyut oleh banjir, jadi bisa untuk penghalang air banjir sementara."


Hal senada juga disampaikan oleh warga lainnya yakni Rejeki (35). Ia mengaku sudah menyaksikan satu bulan talut tebing itu longsor dan terus melebar. "Melebar karena erosi tapi untungnya masih ada tembok talut. Khawatirnya kena jembatan," ungkap Rejeki kepada detikcom, Kamis (13/1).

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Klaten, Sri Winoto menerangkan bahwa timnya sudah memeriksa lokasi tersebut pada bulan lalu. Saat ini, penanganannya hanya bisa dilakukan secara darurat dengan mengirimkan bronjong kawat.

Sedangkan untuk penanganan permanen, kata Winoto, masih menunggu banjir mereda lantaran alur Sungai Babadan arusnya cukup deras. Di sisi lain, Pemkab Klaten juga telah berkoordinasi dengan Balai Besar Sungai Wilayah Bengawan Solo (BBSWBS).

"Sementara air bisa ditahan oleh tembok yang melorot agar tidak mengena tebing sehingga tidak terus erosi," papar Winoto.

Sebagai informasi, talut tebing Sungai Babadan di Desa Babadan, Kecamatan Karangdowo, Klaten, mengalami longsor pada akhir Desember lalu. Longsoran dari tebing tersebut mengancam pemukiman warga sekitar.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts