Siap-Siap! Warga Lombok Bakal Segera Dapat Vaksin Booster Jelang MotoGP Mandalika
Nasional

Pemerintah bukan hanya mempersiapkan infrastruktur jelang penyelenggaraan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, melainkan juga memperhatikan aspek lain seperti kesehatan.

WowKeren - Pemerintah mulai mempersiapkan diri jelang pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang jatuh pada bulan Maret 2022. Berbagai persiapan dilakukan, termasuk dari aspek kesehatan warga Lombok dan sekitarnya yang menjadi tuan rumah gelaran.

Hal ini seperti disampaikan oleh Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry Calvin Tetelepta. Febry memastikan bahwa pemerintah bekerja keras agar MotoGP Mandalika berjalan lancar, seperti dengan mempersiapkan infrastruktur serta fasilitas.

Selain itu, pemerintah juga mencermati persiapan di berbagai aspek lain. Seperti ketersediaan air bersih, pasokan energi, jaringan 5G, hingga kelayakan drainase atau saluran air. Serta yang tidak dilupakan adalah persiapan protokol kesehatan agar wilayah Lombok dan sekitarnya aman dari lonjakan kasus COVID-19.

"Untuk proteksi bagi masyarakat dalam waktu dekat, pemerintah juga akan melaksanakan vaksin booster (penguat) COVID-19 di Lombok dan sekitarnya," ujar Febry seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (13/1). "Ini sekaligus memberikan sinyal positif pada wisatawan tentang keamanan di Lombok, Mandalika, dan sekitarnya."


Sebagai informasi, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Lombok pada Maret 2022. Sirkuit yang sama juga dipakai untuk menghelat tes pramusim MotoGP pada pertengahan Februari mendatang. Dihelatnya MotoGP di Indonesia ini merupakan yang kedua kalinya sejak tahun 1997 silam.

Perhelatan MotoGP ini, ditegaskan KSP, bukan semata-mata untuk penyelenggaraan balapan motor. KSP berharap penyelenggaraan ajang internasional seperti MotoGP 2022 bisa menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata yang porak-poranda selama pandemi COVID-19.

Tentu saja diperlukan dukungan dari seluruh pihak untuk kelancaran penyelenggaraan ini. Sehingga harapannya bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sanggup menjadi tuan rumah ajang internasional serta siap menerima kunjungan wisatawan asing.

"KSP akan memastikan kawasan ini dipersiapkan dengan benar untuk menjadi satu magnet pariwisata baru di Indonesia. Karena itu perlu ada kerja sama pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat, untuk mendukung kesuksesan berbagai acara yang akan diselenggarakan di Mandalika," tegasnya.

Febry juga menambahkan bahwa pemerintah telah melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan World Superbike Championship (WSBK) pada November 2021 kemarin. Terdapat beberapa hal yang akan ditingkatkan, seperti sistem rekayasa lalu lintas, arus kedatangan dan kepulangan baik di darat, laut, dan udara, serta pelebaran jalan dari Kuta ke Keruak.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait