Emma Waroka Murka Pengacara Doddy 'Analogikan' Gala dengan Anak Yang Diasuh Bandar Narkoba
Instagram/emmawarokkaofficial.2nd
Selebriti
Vanessa Angel Meninggal

Pengacara Doddy Sudrajat membuat analogi soal anak yang diasuh bandar narkoba saat membahas kisruh perwalian Gala. Pernyataan pengacara itu membuat Emma Waroka ikut gusar.

WowKeren - Baru-baru ini, pengacara Doddy Sudrajat kembali memicu kehebohan. Seusai membahas soal sidang mediasi perwalian Gala yang belum mencapai kata sepakat, salah satu pengacara rupanya mengucap pernyataan mengejutkan.

Awalnya, wartawan menanyai sang pengacara soal kemungkinan mempertimbangkan kenyamanan Gala sebagai salah satu syarat terkait perwalian. Ini karena selama ini, Gala memang nyaman jika diasuh oleh keluarga dari ayah mertua Vanessa Angel tersebut.

"Apa syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk tercapai perdamaian?" tanya wartawan. "Kita kan mengacu pada KHI (kompilasi Hukum Islam), karena di KHI hak atas anak dibawah umur itu yang mendapatkan hak tersebut adalah ibu. Ibu meninggal garis keturunan teratas atau dibawahnya yang punya hak tersebut," kata pengacara.

"Tapi kemarin Komnas PA mengatakan kalau iya hukum akan berlaku, tapi situasi, kondisi, kenyamanan anak juga perlu diutamakan," seru wartawan. Namun pengacara Doddy menilai perasaan nyaman tidak bisa dijadikan dasar kuat untuk memutuskan soal perwalian. Ia lantas membahas soal analogi anak merasa nyaman meski diasuh bandar narkoba.

"Iya betul. Tapi KHI udah jelas, kalau emang anak tersebut nyaman, kita ambil analoginya anak tersebut nyaman kepada bandar narkoba apakah tetap akan disana? (diasuh sang bandar). Tidak juga," kata pengacara. "Ada kapabilitas di situ, tidak hanya kenyamanan.

"Apa hal buruk dari keluarga Pak Faisal, bandar narkoba terlalu berat," kata wartawan. "Maksudnya itu bukan buat menggambarkan keluarga Pak Faisal, tapi tadi kan (membahas kenyamanan), ketika anak tersebut nyaman diasuh bandar narkoba, apakah negara tidak bisa mengambil anak tersebut? Bisa kan? Karena ada di UU soal perwalian. Ada klasifikasinya siapa yang berhak dan diutamakan mendapat perwalian," ujar pengacara.


Sayangnya video itu viral dan memicu kesalahpahaman. Bahkan Emma sebagai sahabat Vanessa ikut terpancing emosinya.

"Lagi musim lawyer asbun," kata Emma. "Yuk dipakai ilmunya, bapak-bapak yang terhormat #teammamagalaonline."

Emma lantas mengunggah ulang ulasan sebuah akun terkait makna analogi. Akun tersebut mengungkap jika analogi adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan.

Instagram

Reaksi Emma Waroka Soal Pengacara Doddy

"LAWyer, tapi bicara TIDAK BERATURAN. Apapun yang diucapkan lawyer secara tidak langsung, MEWAKILI KLIEN.Apa mimin pernah terlewat? Kok rasanya pak @sandyarifinsh dalam membela klien tidak pernah menjelekkan lawan seperti yg sering dilakukan pihak itu. Kenapa ya?" seru akun tersebut. "Belajar hukum 4 tahun tapi analogi dan etika tidak tahu."

Bukan cuma Emma, sejumlah netter juga mengecam pernyataan pengacara Doddy tersebut. "Kok pengacara pak doddy aneh" semua ya...," seru netter. "Pengacara itu beneran sekolah apa ga sih,kyk ga ngerti hukum. Itu tmasuk Pencemaran nama baik lho, bisa di tuntut jgn dibiarkan nti makin bnyk pengacara yg ngelunjak ngomong seenak jidat @fuji_an @fadlyfsl_," seru netter.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts