Gempa Bumi Magnitudo 6,7 Guncang Banten, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami
Twitter/infoBMKG
Nasional
Gempa Banten

BMKG melaporkan titik pusat gempa terjadi 52 kilometer barat daya Sumur, Banten dengan kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa terasa sampai ke Lampung dan Jawa Barat.

WowKeren - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melaporkan terjadinya gempa bumi dengan magnitudo 6,7. Mengutip keterangan BMKG, gempa bumi ini terjadi pada Jumat (14/1) pukul 16.05 WIB, tepatnya 52 kilometer barat daya di Sumur, Banten.

Titik pusat gempa tercatat berlokasi di kedalaman 10 kilometer. Meski magnitudonya tergolong besar, BMKG menyatakan gempa bumi ini tidak berpotensi menyebabkan terjadinya tsunami namun masyarakat disarankan berhati-hati terhadap potensi gempa susulan.

"#Gempa Mag:6.7, 14-Jan-22 16:05:41 WIB, Lok:7.01 LS,105.26 BT (52 km BaratDaya SUMUR-BANTEN), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," tulis BMKG di Twitter-nya.

Gempa Bumi Magnitudo 6,7 Guncang Banten, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

bmkg-content-inatews.storage.googleapis.com


Gempa bumi tersebut seketika menjadi pembicaraan panas di lini masa media sosial. Dipantau pada Jumat pukul 16.27 WIB, 10 besar trending topic Indonesia adalah berbagai kata kunci terkait gempa bumi tersebut. Termasuk di antaranya "Kerasa", "Gempa", "Banten", "Kenceng", dan "STAY SAFE".

Dari pantauan di media sosial, terlihat bahwa gempa bumi yang terjadi turut dirasakan di berbagai daerah. Termasuk di Bogor, Bekasi, dan Bandung yang notabene berada di Jawa Barat.

"Kerasa ampe bogor," lapor @10***a". "Bekasi terasa," timpal @ha***4_. "Bandung kerasa banget YaAllah, mana dipaling atas rumah teh):" sambung @yu***j. "Bandar Lampung berasa. Atau beda titik?" kata @ch***ra menambahkan.

"Depok kerasa banget mana adek gue lgi tidur di depan tv mana tv nya goyang goyang juga, gue jadi ketar ketir nih serasa di uji nyali," cuit @kr***12. "Jakarta Timur Cakung berasa juga, tapi bengong dulu kirain alat berat lagi lewat," lanjut @si***hh.

Kebanyakan dari warganet mengaku begitu terkejut dengan gempa bumi yang terjadi. Kendati demikian, belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban yang ditimbulkan oleh bencana alam tersebut.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts