Garuda Tarik Snack Bergambar Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Hingga Produsen Buka Suara
Nasional

Sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Irfan Setiaputra menyatakan akan menarik snack berbungkus gambar Kaesang tersebut untuk menghindari konflik kepentingan.

WowKeren - Garuda Indonesia menarik makanan ringan Tricks yang bungkusnya menampilkan ilustrasi wajah Kaesang Pangarep dari paket makanan di penerbangan untuk menghindari konflik kepentingan. Paket makanan tersebut sempat disediakan Garuda Indonesia dalam penerbangan Desember 2021 lalu.

Kakak Kaesang sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming turut angkat bicara terkait persoalan tersebut. Menurut Gibran, masalah tersebut merupakan salah paham belaka dan Kaesang akan memberikan penjelasan melalui keterangan pers.

"Itu salah paham. Dia (Kaesang) lagi bikin press release, sudah saya suruh bikin," ujar Gibran di Balai Kota Solo pada Senin (17/1).

Gibran sendiri mempersilakan Garuda untuk menarik produk tersebut dari paket makanannya. "Ya tariken (tarik saja)," ujarnya.

Sementara itu, pihak PT Jaya Swarasa Agung Tbk (Tays Bakers) selaku produsen snack tersebut telah buka suara soal produknya yang berbungkus wajah Kaesang. CEO Tays Bakers, Alexander Anwar, menjelaskan makna tertentu dalam kehadiran Kaesang di bungkus produknya.


"Kemasan baru ini ditujukan untuk memperkenalkan Tays Bakers di pasar ritel, mengingat sosok Kaesang Pangarep yang dekat dengan UMKM Indonesia," ungkap Alexander dalam keterangan resminya, Minggu (16/1).

Menurutnya, produk hasil kolaborasi itu telah mendapat respons positif dari konsumen dan pasar. Oleh sebab itu Alexander berharap agar ke depannya kerjasama itu bisa mendorong penjualan produknya.

Lebih lanjut, Alexander menjelaskan bahwa perusahaannya telah bekerjasama dengan Garuda Indonesia selama satu tahun terakhir. Kerjasama dengan Garuda disebut merupakan bentuk distribusi produk bagi penumpang maskapai.

"Tays Bakers juga telah menjalin kerjasama dengan PT Aerofood Indonesia (Aerofood ACS/anak perusahaan Garuda Indonesia) selama satu tahun terakhir di mana Tays Bakers menyediakan produk Tricks kepada Aerofood ACS untuk keperluan distribusi di berbagai maskapai penerbangan yang menggunakan jasa Aerofood ACS," jelas Alexander.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Irfan Setiaputra menyatakan akan menarik snack berbungkus gambar Kaesang tersebut untuk menghindari konflik kepentingan. Meski demikian, Irfan memastikan bahwa adanya snack tersebut dalam paket makanan Garuda Indonesia tidak memiliki maksud apa-apa.

"Kita lagi minta ditarik dari Garuda, minta TRICKS untuk ganti dengan kemasan polosan. Pasti kita hindari (jika ada konflik kepentingan)," ujar Irfan kepada Kumparan.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts