Banjir Jakarta Meluas ke 93 RT dengan Ketinggian Air Capai 1 Meter, Jalan Depan JIS Sempat Tergenang
AFP/Adek Berry
Nasional

Selain 93 RT, satu ruas jalan di Jakarta Utara juga tergenang banjir setinggi 40 centimeter. Sebanyak 908 orang terpaksa mengungsi akibat banjir tersebut. Mereka berasal dari 287 kepala keluarga (KK).

WowKeren - DKI Jakarta tergenang banjir di sejumlah titik usai diguyur hujan deras pada Selasa (18/1) yang membuat air Kali Semonggol meluap. Hingga Rabu (19/1) pukul 12.00 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sudah ada 93 RT yang terendam banjir di Ibu Kota.

"Informasi genangan saat ini ada 93 RT atau 0,305 persen dari 30.470 RT dan satu ruas jalan tergenang yang ada di DKI Jakarta," ungkap Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Kapusdatin) BPBD Jakarta, Moh Insyaf, dalam keterangan tertulis.

Jumlah titik banjir di DKI pada hari ini naik tiga kali lipat dibandingkan Selasa kemarin yang baru mencapai 31 RT. Ketinggian air pada hari ini pun beragam.

Sebanyak 34 RT di Kelurahan Tegal Alur terendam air setinggi 40-100 centimeter akibat curah hujan tinggi, rob, dan meluapnya Kali Semonggol. Lalu 12 RT di Kelurahan Kamal terendam air setinggi 40-50 centimeter dengan penyebab yang sama dengan Tegal Alur.

Kemudian ada 19 RT di Kelurahan Cengkareng Barat yang terendam banjir hiingga 50-80 centimeter akibat curah hujan tinggi dan rob. Sedangkan delapan RT di Kelurahan Kapuk juga terendam banjir setinggi 50 centimeter.


Sebanyak 11 RT di Kelurahan Penjaringan terendam banjir setinggi 40-80 centimeter akibat curah hujan tinggi dan rob. Lalu ada sembilan RT di Kelurahan Cilincing yang terendam air 60 centimeter akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Begog. Satu ruas jalan di Jakarta Utara juga tergenang banjir setinggi 40 centimeter.

"Kondisi genangan sedang ditangani oleh Dinas SDA, Damkar, dan PPSU Kelurahan. Ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," paparnya.

Sebanyak 908 orang terpaksa mengungsi akibat banjir tersebut. Mereka berasal dari 287 kepala keluarga (KK).

Sementara itu, jalanan depan Jakarta International Stadium (JIS) rupanya juga sempat terendam banjir pada Rabu pagi ini sekitar pukul 05.00 WIB. "Tadi ada genangan sekitar jam 5 pagi," ungkap seorang warga bernama Marco dilansir detikcom.

Marco mengungkapkan bahwa dirinya kala itu tengah memarkir kendaraan di depan JIS. Meski ada genangan di dekat stadion, kendaraan terpantau masih dapat melintas.

Kekinian, Dinas SDA Jakarta melaporkan bahwa genangan air di kawasan JIS dipastikan telah surut. "Dapat kami sampaikan bahwa genangan di lokasi tersebut sudah surut," ungkap Dinas SDA Jakarta melalui akun Twitter-nya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait