PLN Prioritaskan Bangun SUTT di Kaltim untuk Ibu Kota Negara, Sudah Kantongi Izin?
Nasional

PLN sudah mempersiapkan rencana untuk pembangunan Ibu Kota Negara bari di Kalimantan Timur. PLN berencana membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi atau SUTT.

WowKeren - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) ikut bersiap untuk pembangunan IKN. PLN memperkirakan banyak industri dan sentra ekonomi baru muncul di Kalimantan Timur. Karena itu PLN akan membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi atau SUTT.

"Nantinya akan dibangun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV GI Bukuan - KFI dengan jumlah tower sebanyak 36 yang akan melintas sepanjang sekitar 12,43 kilometer dan masih dalam tahap pengurusan perizinan lainnya juga," ujar General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur, Muhammad Ramadhansyah dalam keterangan tertulis pada Sabtu (22/1).

Ramadhansyah menyebut PLN telah mengantongi Surat Kesesuaian Tata Ruang dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Provinsi Kalimantan Timur. Dengan ketersediaan daya listrik tersebut, Ramadhansyah berharap PLN bisa memenuhi kebutuhan daya di Kalimantan Timur.

Penyediaan tenaga listrik untuk pelanggan tegangan tinggi ini disebut Ramadhansyah sebagai salah satu prioritas PLN untuk mendukung kesiapan Provinsi Kalimantan Timur sebagai calon ibu kota negara.


Komitmen memasok listrik dipastikan dengan ditandatanganinya Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) antara PLN dan Kobexindo sebesar 50 MVA pada Oktober 2021, serta pada 31 Desember 2021 antara PLN dan KFI sebesar 800 MVA. Dia mengatakan PLN pun bergerak cepat agar penyediaan listrik untuk pelanggan teganggan tinggi ini bisa segera teraliri.

PLN juga membangun transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kiloVolt (kV) Gardu Induk (GI) Maloy – Kobexindo dengan jumlah tower sebanyak 47 yang memiliki panjang keseluruhan jalur adalah sekitar 16,16 kilometer. Adapun pembangunan SUTT 150kV GI Maloy-Kobexindo mengantongi Surat Kesesuaian Tata Ruang (SKTR) dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Provinsi Kalimantan Timur.

"Saat ini kami tengah mengurus perizinan lainnya yang berkaitan dengan pembangunan SUTT 150kV," ujarnya.

Tidak hanya itu, seluruh lini bidang di PLN berupaya meningkatkan progres pembangunan, baik dari sisi perizinan ke pemerintah daerah maupun sosialisasi pembangunan kepada masyarakat sekitar pada dua proyek prioritas penyediaan tenaga listrik pelanggan tegangan tinggi.

"Harapan kami, semoga pekerjaan ini dapat selesai pada waktu yang telah ditentukan. Dan akan memberikan manfaat bukan hanya untuk operasional perusahaan saja namun juga untuk masyarakat sekitar," pungkas Ramadhansyah.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru