Seleksi Ketat, Indonesia Hanya Kirim Atlet Berpotensi Sumbang Medali ke SEA Games 2022
Nasional

Indonesia tengah menyiapkan para atletnya untuk mengikuti ajang olahraga SEA Games 2021 di Vietnam. Indonesia pun melakukan seleksi ketat pada para atlet yang akan turun di SEA Games.

WowKeren - Perhelatan olagraga Asia Tenggara, SEA Games 2021 akan segera digelar di Vietnam. Indonesia pun sudah melakukan persiapan matang untuk mengirim para kontingennya untuk ajang tersebut.

Komisi Sport and Development (KSD) telah mengidentifikasi peluang medali dari hasil diskusi dengan federasi nasional yang akan dipertandingkan di SEA Games Vietnam 2021. Hal itu diungkap Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Ferry Kono. Ferry menjelaskan bahwa hasil analisis itu akan langsung diberikan kepada Kemenpora agar cabang-cabang olahraga (cabor) mendapatkan bantuan saat berpartisipasi di SEA Games Vietnam 2021.

"Akhir tahun, KSD sudah mengidentifikasi peluang cabor yang berpotensi menyumbangkan medali. Selanjutnya, hasil verifikasi tersebut menjadi rekomendasi yang kami berikan ke Kemenpora sebagai bahan pertimbangan untuk bantuan pelatnas cabor yang berpartisipasi di SEA Games," ujar Ferry, Kamis (27/1).

Selain itu, NOC juga sudah menyerahkan nama-nama kepala kontingen (CdM) kepada Menpora Zainudin Amali. CdM kontingen Indonesia di SEA Games 2021 akan diumumkan pada akhir Februari mendatang.


"NOC juga sudah berkomunikasi ke Menpora Zainudin Amali terkait nama-nama CdM untuk Tim Indonesia untuk SEA Games. Diharapkan akhir Februari bisa diputuskan agar kemudian CdM bersama NOC bisa langsung menyiapkan kepentingan kontingen menuju Vietnam,ā€¯ungkap Ferry.

Menpora Zainudin Amali sebelumnya menyampaikan bahwa Indonesian tak lagi banyak mengirim atlet ke ajang SEA Games. Pasalnya dalam program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), SEA Games dan Asian Games tak lagi jadi target prestasi utama olahraga Indonesia tapi Olimpiade. Indonesia hanya akan mengirim atlet-atlet yang prioritas mendulang prestasi saja untuk SEA Games kali ini.

"Sejauh ini masih koordinasi dengan cabor, kan harus direviu dulu. Sebagaimana kita ketahui kalau SEA Games ini bukan jadi sasaran utama kita tapi sasaran utama kita Olimpiade. SEA games dan Asian Games hanya sasaran antara saja, sehingga hanya cabor-cabor, nomor-nomor pertandingan yang benar-benar berprestasi itu yang kita kirim," jelas Zainudin.

"Jadi kita tidak lagi seperti sebelumnya memperbanyak kontingen kemudian hasilnya tidak bisa ukur dengan pasti, dan kami sedang pertimbangkan. Kami akan hitung dengan seberapa bisa jadi juara di masing-masing cabor," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait