13 Kapal Hangus Akibat Kebakaran di Pelabuhan Tegal, Bukan yang Pertama
Nasional

Kebakaran terjadi di Pelabuhan Kota Tegal, Jawa Tengah. hingga menyebabkan setidaknya ada 13 kapal yang hangus terbakar. Insiden kebakaran itu diketahui bukan kali pertama terjadi.

WowKeren - Insiden kebakaran terjadi di Pelabuhan Kota Tegal, Jawa Tengah pada Sabtu (29/1) hari ini. Ada setidaknya 13 kapal yang dilaporkan hangus terbakar dalam peristiwa tersebut.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat menyebut bahwa kebakaran pertama kali diketahui sekitar pukul 4.30 WIB di salah satu kapal yang sedang bersandar. Api akhirnya merembet membakar kapal-kapal yang lain. Hingga Sabtu siang, kobaran api akibat kebakaran kapal di pelabuhan milik PT Pelindo III belum berhasil dipadamkan.

"Diduga api muncul dari konsleting listrik yang berdekatan dengan mesin kapal atau tangki bahan bakar," kata Rahmad kepada wartawan, Sabtu (29/1).

Rahmad Hidayat mengungkap bahwa api cepat merembet dan menyambar karena kondisi pelabuhan yang sempit. Ditambah banyaknya kapal yang berlabuh dengan posisinya saling berdekatan, membuat kobaran api dengan cepat menyambar kapal-kapal lain. Rahmad mengatakan, untuk memadamkan kobaran api, puluhan unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan.


"Di samping posisi kapal yang saling berdekatan, akses untuk menuju ke titik api juga tidak mudah. Selain dari Kota Tegal, Brebes, Slawi dan Pemalang turut memadamkan api dan melokalisir kapal-kapal yang terbakar," beber Rahmad.

Sementara itu, auntuk menyelamatkan kapal-kapal lain yang belum terbakar, pihaknya berupaya membuka alur kapal untuk keluar. Hal itu agar satu persatu kapal bisa bergeser menjauh dari titik lokasi kebakaran.

Di sisi lain, Rahmad menyayangkan karena banyak pemilik kapal yang tidak menyiagakan ABK-nya untuk berjaga saat kapal bersandar. Sehingga kurang sigap dalam melakukan tindakan ketika terjadi kebakaran.

"Hal inilah yang menyulitkan kapal bergeser karena kosong tidak ada yang jaga, hingga akhirnya api cepat menjalar dari satu kapal ke kapal lain," pungkasnya.

Meski tidak memakan korban jiwa, jajaran personil Polres Tegal Kota bersama stakeholder terkait masih terus berupaya untuk memadamkan api dan memprioritaskan keselamatan seluruh awak kapal. Seperti diketahui, kebakaran juga pernah terjadi di kawasan Pelabuhan Tegal pada November 2021 lalu yang menghanguskan belasan kapal nelayan.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru