Kabar Gembira! Menkes Perluas Akses Layanan Telemedicine untuk COVID ke Aglomerasi Jawa-Bali
Pixabay/cuncon
Nasional

Menteri Kesehatan menyampaikan kabar gembira bagi para pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri. Akses layanan telemedicine untuk COVID-19 kini makin luas hingga ke aglomerasi Jawa-Bali.

WowKeren - Ada kabar baik soal pelayanan kesehatan para pasien COVID-19. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memutuskan untuk memperluas akses layanan telemedicine bagi pasien terpapar Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing.

Diketahui bahwa awalnya layanan telemedicine hanya berfokus pada wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Namun seiring dengan lonjakan kasus COVID-19 di luar wilayah itu, pemerintah memutuskan untuk memperluas layanan telemedicine ke daerah di kawasan aglomerasi Jawa-Bali.

"Mulai minggu ini kita perluas ke Bandung raya, Semarang raya, Solo raya, DI Yogyakarta, Malang raya dan Denpasar," kata Budi dalam konferensi pers, Senin (7/2).

Dalam kesempatan itu, Budi juga mengimbau agar masyarakat yang terpapar COVID-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala (OTG), lebih baik menjalani isoman di rumah ataupun di tempat isolasi terpusat (isoter) agar tidak menjadi beban rumah sakit rujukan COVID-19. Pasalnya, belasan ribu pasien yang dirawat saat ini, mayoritas adalah mereka yang memiliki gejala ringan dan OTG. Hal itu menurutnya terjadi lantaran karakteristik varian Omicron tidak mengakibatkan perburukan gejala, meski tingkat penularannya lebih tinggi dibandingkan varian lainnya.


"Jadi sebenarnya ke depannya kalau kita lebih efisien dengan cara OTG dan ringan bisa isoman atau isoter, sebenarnya keterisian rumah sakit kita masih sangat rendah," ungkapnya.

Adapun layanan telemedicine tersebut dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/. Saat ini Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine di Indonesia. Di antaranya yakni Aido Health, Alodokter, GetWell , Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter , ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, YesDok.

Apabila hasil pemeriksaan warga tersebut positif dan laboratorium penyedia layanan tes COVID-19 telah melaporkan data hasil pemeriksaan ke database NAR. Maka selanjutnya pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. Apabila pasien membutuhkan obat di luar paket tersebut, maka akan ditebus dan dibayarkan di luar layanan telemedicine isoman alias mandiri.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait