*/
 
 
 Tak Hanya Warisan Budaya, Candi Borobudur dan Prambanan Kini Resmi Jadi Tempat Peribadatan Dunia
Pixabay/astama81
Nasional

Candi Borobudur dan Prambanan telah resmi dijadikan tempat ibadah untuk umat beragama Buddha serta Hindu. Tak hanya untuk masyarakat Tanah Air, tapi juga diperuntukkan bagi warga dunia.

WowKeren - Candi Borobudur dan Candi Prambanan kini resmi menjadi tempat ibadah massal bagi seluruh umat hindu-Buddha di Indonesia dan dunia. Selain Borobudur dan Prambanan, ada 2 candi lain yang ditetapkan sebagai tempat ibadah. Candi Prambanan sebagai lokasi peribadatan umat Hindu, sementara Candi Borobudur, Pawon, dan Mendut untuk umat Buddha.

Nota kesepakatan pemanfaatan keempat candi untuk kepentingan ibadah itu ditandatangani di Gedhong Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (11/2). Nota diteken secara luring dan daring oleh Pemda DIY, Pemprov Jateng, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Nota kesepakatan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi keempat candi tersebut sebagai pusat kegiatan keagamaan. Setelah sekian lama lebih banyak dimanfaatkan menjadi objek penelitian, cagar pariwisata, dan cagar budaya.

"Kita harapakan candi-candi tadi bisa jadi pusat ibadah umat Hindu, Buddha Indonesia dan dunia," ungkap Koordinator Stafsus Menteri Agama RI, Adung Abdul Rochma di Gedhong Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta.

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X berharap nota kesepakatan itu menjadi semangat terwujudnya moderasi beragama, kohesi sosial dan kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Pemanfaatan keempat candi untuk tujuan religi ini akan berfokus pada nilai-nilai spiritual dan pendidikan dari situs tersebut.


"Pemanfaatan dilakukan dengan tetap memperhatikan aspek pelestarian cagar budaya dan nilai-nilainya serta tidak bertentangan dengan regulasi baik dari Pemerintah Indonesia maupun UNESCO," jelas Sultan.

Ketua Umum WALUBI, Siti Hartati Murdaya mengapresiasi langkah pemerintah mewujudkan cita-cita yang diperjuangkan umat Buddha. Pemanfaatannya sebagai pusat ibadah dianggap mampu mendongkrak aspek lainnya.

"Dengan menampilkan spirit agama pada candi-candi yang ada saya yakin suasana akan lebih hidup. Tidak sekadar datang foto-foto, namun untuk retreat, belajar lebih banyak, menampilkan semangat welas asih cinta kasih sesuai apa yang diajarkan semua agama," bebernya.

Koordinator Stafsus Presiden RI, Ari Dwipayana mewakili umat Hindu juga mengucap terima kasih kepada Pemerintah yang tak membatasi candi untuk kepentingan konservasi semata.

"Saya kira jalan yang sudah dibuka sangat lebar ini akan sangat berarti dan bermakna bagi umat Hindu, khususnya dalam menjalankan ibadah," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait