Jokowi Disebut Telah Kantongi Nama Kepala Otorita IKN Nusantara, Ini Bocorannya
Nasional

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim, Presiden Joko Widodo telah mengantongi nama Kepala Otorita yang akan menjadi pemimpin Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah resmi meneken Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN). Lantas muncul pertanyaan, siapa yang akan ditunjuk Jokowi menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara?

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim, Presiden Jokowi telah mengantongi nama calon pemimpin IKN Nusantara. "Kepala Otorita IKN Nusantara, namanya sudah di saku Presiden Joko Widodo," ungkap Luqman dilansir detikcom pada Jumat (18/2).

Jokowi disebutnya sangat serius dalam mempersiapkan pembangunan ibu kota baru tersebut. Luqman menduga hanya tinggal menunggu waktu yang tepat sebelum nama tersebut diumumkan.

"Setahu saya, Presiden Jokowi sangat fokus agenda pembangunan IKN Nusantara. Termasuk mempersiapkan figur yang akan ditunjuk sebagai Kepala Otorita," paparnya. "Kapan diumumkan, saya kira Presiden Jokowi sedang menunggu hari baik."


Lebih lanjut, Luqman menduga sang presiden menyiapkan figur senior sebagai Kepala Otorita IKN. Pemimpin IKN baru tersebut diduga merupakan sosok yang memiliki pengalaman pengelolaan pemerintah, keuangan, hingga perbankan.

"Percayalah, Presiden Jokowi tidak main-main dengan agenda pembangunan IKN Nusantara. Karena itu, untuk kepala otorita IKN, saya duga Presiden Jokowi memilih figur senior yang punya kemampuan dan segudang pengalaman terkait pengelolaan pemerintahan, keuangan dan perbankan, lancar berkomunikasi dengan baik kepada semua kalangan, termasuk kelompok oposisi serta menguasai masalah-masalah hukum yang memadai," terangnya.

Di sisi lain, posisi Kepala Otorita IKN ini sempat ditanyakan kepada pihak Kantor Staf Presiden (KSP). Tenaga Ahli Utama KSP Wandy menyatakan bahwa pengumuman Kepala Otorita IKN masih harus menunggu.

"Iya masih nunggu. Sama seperti pemilihan menteri. Kan ini jabatan setingkat menteri," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi telah meneken UU IKN pada Selasa (15/2). Penandatanganan UU oleh Jokowi ini menandakan bahwa pembangunan IKN di Kalimantan Timur akan segera dimulai.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait