Listrik Hingga Toilet Mulai Disiapkan, Ini Bocoran Soal Rencana Kemah Jokowi di IKN Nusantara
Nasional

Adi Kustaman selaku Sekretaris Camat Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, mengungkapkan bahwa persiapan untuk menyambut Jokowi bersinergi dengan pemerintah pusat.

WowKeren - Presiden Joko Widodo diketahui berencana untuk kemah di kawasan titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Sejalan dengan rencana kemah sang presiden, sederet sarana dan prasarana pun terus dipersiapkan.

Di antaranya adalah lahan parkir, pendopo, hingga anak tangga dari titik nol menuju parkiran. Selain itu, jaringan listrik, toilet, hingga kamar mandi juga turut disiapkan secara bertahap.

"Sejumlah persiapan telah dilakukan pemerintah untuk menyambut keinginan Presiden Jokowi, sedangkan persiapan di lapangan waktunya tentatif," terang Adi Kustaman selaku Sekretaris Camat Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, dilansir Antara pada Sabtu (19/2).

Menurut Adi, persiapan untuk menyambut Jokowi bersinergi dengan pemerintah pusat. Namun hingga kini masih belum ada kepastian tentang detail lokasi kemah Jokowi di IKN baru.

Kendati begitu, Adi menyatakan bahwa koordinasi terus dilakukan supaya persiapan matang. Menurutnya, persiapan dilakukan di sekitar titik nol IKN Nusantara karena kemungkinan Jokowi akan berkemah di lokasi tersebut.


Jokowi diperkirakan akan berkemah di lokasi itu setelah Kepala Otorita IKN Nusantara ditunjuk. "Teknis belum dibahas, masih persiapan umum. Informasi menunggu badan otorita dibentuk, baru Presiden berkemah di lokasi IKN," paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Isran Noor mengungkapkan rencana Jokowi berkemah di kawasan titik nol IKN baru. Isran mengatakan bahwa rencana tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat singkat bersamanya dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan pada 31 Januari 2022 lalu.

Sedangkan terkait Kepala Otorita IKN Nusantara, Jokowi disebut telah mengantongi nama calon pemimpin ibu kota baru tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim.

"Kepala Otorita IKN Nusantara, namanya sudah di saku Presiden Joko Widodo," ungkap Luqman dilansir detikcom pada Jumat (18/2).

Lebih lanjut, Luqman menduga sang presiden menyiapkan figur senior sebagai Kepala Otorita IKN. Pemimpin IKN baru tersebut diduga merupakan sosok yang memiliki pengalaman pengelolaan pemerintah, keuangan, hingga perbankan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait