Sempat Diduga Lakukan Penimbunan Minyak Goreng, Indomaret Buka Suara Soal Stok yang Kerap Kosong
Nasional

Keberadaan minyak goreng hingga saat ini masih menjadi barang yang langka. Bahkan ketersediaan pasokan di ritel modern seperti Indomaret pun kerap kosong.

WowKeren - Saat ini, minyak goreng menjadi barang yang susah untuk didapatkan. Bahkan, di toko-toko ritel modern pun juga kerap mendapati stok minyak goreng kosong.

Salah satu ritel yang persediaan minyak goreng di sejumlah gerainya kosong adalah Indomaret. Sebelumnya, Indomaret juga sempat diduga melakukan praktek penimbunan minyak goreng. Namun hal ini telah dibantah oleh pihak PT Indomarco Prismatama selaku pengelola ritel Indomaret.

Dengan persediaan minyak goreng di sejumlah gerai Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia kerap kosong, membuat masyarakat mengeluhkan hal ini. Menanggapi hal ini, Marketing Director PT Indomarco Primatama, Darmawie Ali menegaskan bahwa pihaknya terus memastikan pasokan minyak goreng dari produsen untuk Indomaret berjalan lancar.

"Kami terus koordinasi dan sudah meminta ke produsen terkait agar bisa men-supply secara optimal atas lonjakan penjualan minyak goreng di gerai kami sejak program pemerintah satu harga Rp14 ribu per liter," tutur Darmawie kepada Kumparan, Senin (21/2).


Lebih lanjut, Darmawie juga memastikan bahwa tidak ada penimbunan di gudang atau distributor center Indomaret. Pasalnya, minyak goreng yang sampai di gudang akan langsung didistribusikan ke gerai-gerai Indomaret. "Dan langsung dijual bagi masyarakat sesuai ketetapan pemerintah," ungkapnya.

Hingga saat ini, kata Darmawie, kebijakan Indomaret dalam memitigasi adanya panic buying oleh masyarakat masih berlaku yakni dengan membatasi pembelian minyak goreng masing-masing hanya boleh membeli maksimal 2 liter per konsumen.

Diketahui, keluhan masyarakat mengenai kelangkaan stok minyak goreng di Indomaret juga datang dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Salah satu ibu rumah tangga yang diketahui identitasnya sebagai Silvi (35) mengatakan bahwa saat hendak membeli minyak goreng di gerai Indomaret, ia selalu kehabisan.

Adapun sempat ada pasokan minyak goreng, Silvi mengaku cuma tersedia satu atau dua dus isi tiga, bahkan maksimal lima kemasan. "Ya tentu akan habis dibeli orang yang sudah mengantre pertama," ujar Silvi.

Selain itu, kata Silvi, meski ada minyak goreng yang dijul, harganya pun lebih mahal daripada di Indomaret atau sesuai ketentuan pemerintah yakni Rp14 ribu per liter. Kenaikannya pun hampir 50 persen yakni berada di angka Rp22 ribu per liternya.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru