MV Debut NMIXX Diduga Plagiat ATEEZ, JYP Entertainment Tuai Kritikan
Musik

Sejumlah penggemar menyuarakan kritikannya terhadap JYP Entertainment usai menemukan kemiripan antara MV debut NMIXX dan ATEEZ. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Girl grup baru JYP Entertainment, NMIXX, telah memulai debutnya pada Selasa (22/2) kemarin. Sayangnya, MV debut mereka diwarnai dengan kecurigaan plagiarisme.

Sebagai informasi, NMIXX merilis mini album bertajuk "AD MARE" dengan title track "O.O". Ini adalah lagu campuran dari genre Baile Funk yang tidak konvensional dan genre Teenage Pop Rock karena intro dari trap yang intens menarik telinga penggemar K-pop sejak awal.

Meski sebagian besar netizen setuju bahwa semua anggota menunjukkan bakat luar biasa melalui lagu tersebut, beberapa mengatakan bahwa MV "O.O" memiliki kemiripan yang kuat dengan MV artis lain. Fans merasa cara pengambilan gambar di adegan tertentu di MV "O.O" sangat mirip dengan video klip lagu "Illusion" milik ATEEZ.

ATEEZ adalah grup dengan latar belakang tema bajak laut, dan kapal yang mirip dengan yang ada di MV "O.O" muncul di banyak video musik mereka. Oleh karena itu, banyak penggemar yang menunjukkan bahwa penampilan kapal di MV "O.O" telah memplagiat konsep ATEEZ.

MV Debut NMIXX Diduga Plagiat ATEEZ, JYP Entertainment Tuai Kritikan

Source: Twitter

Meskipun sebagian besar penggemar setuju bahwa sangat normal untuk MV berbeda memiliki set dan tema yang sama, mereka berpendapat bahwa agensi harus menghadirkan konsep unik untuk setiap artisnya. Karena itulah banyak dari mereka yang mulai menyalahkan agensi karena kurangnya ketelitian dalam produksi MV NMIXX.

"Netizen Korea berbicara tentang kesamaan antara ATEEZ dan NMIXX, dan banyak yang menunjukkan betapa seriusnya ATEEZ dan agensi dalam konsep bajak lautnya," ujar seorang netizen. "ATEEZ melakukan perjalanan dengan serius, tapi mereka berakhir di video debut grup lain," imbuh netizen yang lain.


"DIGIPEDI, studio yang memproduksi 'O.O' adalah studio yang pernah bekerjasama dengan ATEEZ. Ini menjelaskan kesamaan di antara video-video tersebut. Namun seperti yang ditunjukkan netizen, DIGIPEDI tidak memproduksi 'Illusion' ATEEZ," kata netizen yang lain.

"Tidak, konsep bajak laut bukan hanya untuk ATEEZ. Masalahnya adalah kalian bahkan tidak dapat mengatakan bahwa adegan itu berasal dari dua MV yang berbeda," tambah netizen yang lain. "Kami sama sekali tidak membenci para gadis itu, tapi agensi seharusnya tidak lolos begitu saja," timpal yang lain.

Selain masalah dugaan plagiarisme dalam gambar video, netizen mengklaim bahwa genre baru grup "MIXX POPO" tidak persis baru atau asli seperti yang diklaim oleh JYP Entertainment. Banyak penggemar yang menunjukkan bahwa grup seperti aespa telah melakukannya.

Faktanya, "Next Level" aespa menjadi trending di Twitter bersamaan dengan perilisan MV debut "O.O" NMIXX. Penggemar juga menyebut situasi ini tidak adil dan mulai mengecam agensi.

MV Debut NMIXX Diduga Plagiat ATEEZ, JYP Entertainment Tuai Kritikan

Source: Twitter

"Bisakah JYP setidaknya berpura-pura? Sangat jelas mereka mencoba untuk membuat ulang level berikutnya dari mereka sendiri. Gadis-gadis itu pantas mendapatkan yang lebih baik," keluh seorang netizen.

"Harap diperhatikan bahwa tidak ada yang menyerang NMIXX, kami hanya mengeluh kepada JYPE tentang masalah ini," sahut yang lain. "Itu mengecewakan karena para gadis ini dilatih selama bertahun-tahun untuk akhirnya debut dan menerima kebencian karena agensinya," pungkas netizen lainnya.

Belum terlihat bagaimana isu dugaan plagiarisme ini berkembang. Tapi, WowKeren turut mengucapkan selamat kepada NMIXX atas debut mereka, dan semoga mereka dapat berkarier dengan baik!

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait