Terbatas! Kapasitas Penonton MotoGP Mandalika Resmi Diturunkan, Begini Cara Pesan Tiket
Nasional

Gelaran MotoGP Mandalika nantinya berlangsung di tengah pandemi COVID-19. Sehingga Presiden Jokowi meminta agar jumlah penonton yang semula 100 ribu orang diturunkan menjadi 60 ribu orang.

WowKeren - Tidak lama lagi, sirkuit Mandalika akan kembali menggelar perhelatan internasional yakni balap MotoGP. Seperti yang diketahui, MotoGP Mandalika ini akan diselenggarakan pada 18-20 Maret mendatang.

Sebelumnya, sirkuit Mandalika juga telah selesai menggelar tes pramusim MotoGP beberapa waktu lalu. Mengingat digelar di tengah pandemi COVID-19, tentunya ada sejumlah peraturan pembatasan, termasuk kapasitas penonton.

Untuk mencegah meluasnya penularan COVID-19, Presiden Joko Widodo meminta agar kapasitas penonton MotoGP Mandalika diturunkan. "Arahan Bapak Presiden terkait dengan Mandalika, yang semula penontonnya 100.000, maka diturunkan menjadi 60.000 dengan situasi yang ada saat sekarang," tutur Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Minggu (27/2).

Menanggapi permintaan dari Jokowi, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyetujui hal tersebut. Wakil Direktur MGPA, Cahyadi Wanda mengatakan bahwa 60 ribu penonton sudah ideal.

"Kami mendukung penuh apa yang Pak Jokowi sampaikan, karena sejak awal pun kami merencanakan ini 60.000 orang," ungkap Cahyadi kepada Kompas.com, Senin (28/2). "Kalau dihitung sampai VIP, itu berarti 63.000 orang. Menurut kami, ini angka yang paling ideal."


Lebih lanjut, Cahyadi mengatakan bahwa pihaknya siap saat diminta untuk menaikkan kapasitas penonton menjadi 100 ribu orang. Namun secara realistis, 63 ribu orang adalah yang terbaik.

Cahyadi mengungkapkan 63 ribu orang penonton dinilai ideal dilihat dari segi infrastruktur, grandstand, kapasitasnya hanya 50 ribu. Sehingga, ketika minta untuk menurunkan jumlah penonton, maka dinilai masuk akal, lantaran General Admission, misalnya dilepas sampai 100 ribu, malah terjadi desak-desakan.

Menurut Cahyadi, dengan adanya pengurangan jumlah penonton MotoGP Mandalika itu, maka penonton di General Admission akan hanya berjumlah 10 ribu orang. Dengan begitu, penonton yang ada di sirkuit akan nyaman dan tidak berdesakan.

Adapun untuk pembelian tiket MotoGP Mandalika bisa dilakukan secara online dan offline. Dalam penjualan tiket tersebut, ada lima kategori yakni General Admission, Standard Grandstand, Premium Grandstand, serta Deluxe Class dan Premiere Class dengan harga yang bervariasi.

Selain dalam bentuk harian, tiket MotoGP Mandalika juga dijual tersedia dalam bentuk terusan yakni dua hari dan tiga hari berturut-turut dari mulai kualifikasi hari pertama. Adapun pemesanan tiket secara online bisa dilakukan melalui aplikasi Xplorin dan MyPertamina.

Kemudian juga bisa melalui dyandratiket.com, tiket.com, dan tiketapasaja.com. Sementara untuk pembelian secara offline bisa dilakukan melalui gerai Indomaret, Alfamart, dan Angkasa Pura Hotels yang tersebar di seluruh Indonesia.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait