Uji Coba PPLN Masuk Bali Tanpa Karantina Dimulai 14 Maret, Satgas COVID-19 Bilang Begini
Unsplash/Yulia Agnis
Nasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengungkapkan bahwa pemerintah akan melakukan uji coba tanpa karantina bagi PPLN yang datang ke Bali.

WowKeren - Pemerintah akan menerapkan uji coba aturan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang masuk ke Bali. Rencananya, uji coba tersebut akan dimulai pada 14 Maret 2022 mendatang.

"Pemerintah juga akan melakukan uji coba tanpa karantina bagi PPLN yang datang ke Bali dan direncanakan akan berlaku 14 Maret mendatang dengan beberapa persyaratannya," jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Minggu (27/2).

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 lantas buka suara menanggapi uji coba bebas karantina tersebut. Menurut Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, pemerintah saat ini terus melakukan pemantauan terhadap implementasi kebijakan yang akan ditetapkan sesuai dengan kondisi terkini.

"Saat ini, pemerintah terus memantau perkembangan kasus di setiap implementasi kebijakan dengan harapan dapat menjadi dasar bagi penyusunan kebijakan yang efektif sesuai kondisi terkini," tutur Wiku dalam konferensi pers pada Selasa (1/3) hari ini.


Wiku menjelaskan bahwa uji coba tersebut dilakukan dengan pertimbangan tersendiri. Yakni pemantauan bahwa wisatawan asing yang masuk ke Bali beberapa waktu terakhir tidak menyebabkan kenaikan kasus COVID-19 yang signifikan.

"Pemerintah berencana untuk melakukan uji coba di pertengahan bulan Maret dan awal bulan April dengan pertimbangan bahwa pemantauan uji coba bebas karantina kedatangan wisatawan asing di Bali dalam beberapa waktu terakhir tidak menyebabkan kenaikan kasus secara signifikan," jelasnya.

Saat ini, pemerintah disebutnya terus memantau perkembangan kasus COVID-19 dalam setiap implementasi kebijakannya. Dengan demikian, hal tersebut bisa menjadi dasar penyesuaian kebijakan yang efektif dan sesuai kondisi terkini.

Menurut Wiku, pemerintah yakin masyarakat Indonesia mampu beraktivitas kembali secara bertahap dalam kondisi kasus COVID-19 yang terkendali. Hal itu dapat tercapai melalui strategi kolaborasi seluruh pihak dalam menjalankan protokol kesehatan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru